Kompas.com - 12/08/2020, 18:39 WIB
Penulis Ihsanuddin
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengingatkan para anggota pramuka agar menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Hal ini disampaikan Jokowi dalam upacara peringatan Hari Pramuka ke-59 lewat konferensi video dari Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (12/8/2020).

"Pengalaman selama pandemi Covid-19 ini selain mengingatkan pentingnya kedisiplinan dan kepedulian juga mengingatkan pentingnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi," kata Jokowi.

Baca juga: Jokowi Minta Pramuka Bikin Dua Gerakan Ini untuk Hadapi Pandemi

Ilmu pengetahuan dan teknologi, kata Jokowi, saat ini sangat dibutuhkan di semua sektor, mulai dari kesehatan hingga ekonomi. 

Namun, akan lebih baik lagi jika pengetahuan itu dilengkapi dengan sikap disiplin dan peduli yang selama ini menjadi karakteristik gerakan Pramuka.

"Karena itulah, giatlah belajar, kuasai ilmu pengetahuan dan teknologi setinggi-tingginya. Jadilah SDM Indonesia yang hebat yang cepat tanggap dan cerdas. Rawatlah kebhinekaan, pertahankan NKRI dan jadilah penjaga Pancasila yang sejati," ucap Jokowi.

Ia mengingatkan, tantangan di depan semakin berat. Perkembangan dunia cepat berubah dan penuh dengan ketidakpastian.

Ketangguhan para peserta Pramuka harus dibuktikan dengan mengejar ilmu pengetahuan.  

Baca juga: 3 Sifat Pramuka

Oleh karena itu, ia berpesan agar para Pramuka menjadi generasi masa depan bangsa yang membangun Indonesia.

"Indonesia maju yang kita cita-citakan bersama. Buatlah Indonesia selalu bangga pada Praja Muda Karana, jayalah Pramuka, jayalah Indonesia. Salam Pramuka," kata Jokowi menutup sambutannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.