Kemenlu: WNI Positif Covid-19 di Saudi 185 Orang, 51 Meninggal

Kompas.com - 17/07/2020, 13:52 WIB
Ilustrasi: perawatan pasien positif terinfeksi virus corona ShutterstockIlustrasi: perawatan pasien positif terinfeksi virus corona

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri ( Kemenlu) Judha Nugraha mengatakan, warga negara Indonesia (WNI) yang terinfeksi Covid-19 di luar negeri jumlahnya terus bertambah.

Salah satu penambahan pasien yang relatif tinggi yakni di Arab Saudi.

Kemenlu mencatat, WNI yang positif terinfeksi Covid-19 di Saudi mencapai 185 orang, sedangkan yang meninggal dunia sebanyak 51 orang.

"Warga negara kita yang ada di Saudi yang terkonfim positif Covid dapat kami sampaikan jumlahnya saat ini terdapat 185 orang di mana 82 sedang dirawat, 52 sembuh dan 51 meninggal dunia," kata Judha dalam konferensi pers yang digelar secara virtual, Jumat (17/6/2020).

Baca juga: UPDATE 16 Juli: 1.197 WNI Positif Covid-19 di Luar Negeri, Tambah 4 Orang di Mesir

Mengutip data terbaru World Health Organization (WHO), Judha menyebut, ada 240.474 orang terkonfirmasi positif Covid-19 di Saudi Arabia.

 

Sementara itu, jumlah pasien meninggal mencapai 2.325 orang.

Adapun WNI di Saudi yang terinfeksi Covid-19 mayoritas merupakan pekerja migran yang bekerja di sektor domestik juga sebagai sopir dan perawat.

WNI yang terinfeksi paling banyak tinggal di wilayah Jeddah, Mekah Madinah, dan Thaif.

Judha menyebut bahwa seluruh biaya perawatan WNI yang terinfeksi Covid-19 ditanggung oleh Kerajaan Saudi.

"Kerajaan Arab Saudi menanggung seluruh biaya perawatan bagi warga yang positif terinfeksi Covid, bahkan untuk yang undocumented juga tetap diberikan pelayanan tersebut," ujar dia.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X