Gugus Tugas: 3 Kombinasi Protokol Kesehatan Efektif Memutus Penularan Covid-19

Kompas.com - 16/06/2020, 20:41 WIB
Tim komunikasi publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro

Dok. BNPBTim komunikasi publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro mengatakan, ada tiga kombinasi protokol kesehatan yang efektif memutus penularan Covid-19.

Menurutnya, protokol kesehatan itu sangat penting untuk dilakukan setiap individu.

"Penggunaan masker yang baik dan benar sangat dianjurkan, bahkan wajib apabila di ruang publik. Di samping itu, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, atau dengan cairan pencuci tangan yang mengandung alkohol," ujar Reisa dalam konferensi pers di Graha BNPB, Selasa (16/6/2020).

Baca juga: Tembus 40.000 Kasus, Ini 10 Provinsi dengan Jumlah Kasus Covid-19 Terendah di Indonesia

“Lalu, paling penting jaga jarak. Ingat, tiga kombinasi tadi adalah protokol kesehatan yang efektif, ampuh memutus penularan Covid-19,” lanjutnya menegaskan.

Reisa menjelaskan, bahwa penyebaran virus corona penyebab Covid-19 melalui percikan cairan yang berasal dari saluran pernapasan dan mulut, seperti buliran yang keluar saat batuk atau bersin (droplets).

Penularan dapat terjadi melalui kontak terhadap droplets tersebut. Baik kontak secara langsung dengan orang yang membawa virus atau melalui perantara permukaan yang dipegang oleh orang itu.

Ketika seseorang batuk atau bersin atau saat berbicara pun, virus tersebut dapat keluar bersamaan dengan percikan liur atau cairan hidung.

“Apabila kemudian percikan tersebut tersentuh oleh tangan atau jatuh di permukaan benda yang ada di sekitar orang tersebut, maka besar kemungkinannya dapat menjadi sumber penularan bagi orang lain,” tutur Reisa.

Percikan droplets tersebut bisa mencapai jarak 1-2 meter ketika seseorang berbicara.

Bahkan ketika seseorang batuk atau bersin, jaraknya bisa lebih jauh lagi, yakni 3-5 meter.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X