Kasus Covid-19 di Mesir Melonjak, WNI Dipastikan Tak Ada yang Terinfeksi

Kompas.com - 26/05/2020, 17:53 WIB
Helmy Fauzi, seusai dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Duta Besar Arab Mesir, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (25/2/2016). Indra Akuntono/KOMPAS.comHelmy Fauzi, seusai dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Duta Besar Arab Mesir, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (25/2/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Duta Besar Republik Indonesia untuk Mesir Helmy Fauzi menyebut bahwa kasus Covid-19 di Mesir terus meningkat belakangan ini.

Hingga Senin (25/5/2020), total ada 17.967 kasus positif Covid-19 di negara tersebut.

"Beberapa hari menjelang Lebaran hingga hari ini, jumlah kasus Covid-19 meningkat tajam," kata Helmy melalui tayangan video yang ditampilkan di Youtube BNPB, Selasa (26/5/2020).

Baca juga: Cara Mesir Izinkan Hotel Beroperasi Kembali di Tengah Pandemi

Namun, dari jumlah ini, Helmy memastikan tak ada satupun warga negara Indonesia di Mesir yang terinfeksi.

"Namun alhamdulillah sejauh ini tidak ada warga negara Indonesia di Mesir yang terinfeksi virus corona hingga saat ini," lanjut dia.

Helmy mengatakan, total pasien Covid-19 di Mesir yang sembuh per 25 Mei 2020 mencapai 4.900 orang atau sekitar 27,2 persen.

Sementara itu, jumlah pasien meninggal sebanyak 783 atau 4,3 persen.

Jumlah ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan pada saat awal Ramadhan.

"Pada awal Ramadhan rata-rata kasus Covid-19 sekitar 200 kasus, namun pada hari ini sudah hampir mencapai sekitar 800 kasus per hari," ujar Helmy.

Baca juga: Di Tengah Pandemi, Ekspor Kopi Indonesia ke Mesir Meningkat

Helmy menambahkan, untuk menghindari penularan Covid-19, masjid-masjid dan lapangan-lapangan di Mesir tidak digunakan untuk shalat Idul Fitri tahun ini.

Hal ini sesuai dengan kebijakan pemerintah setempat.

"Seluruh masjid ditutup oleh pemerintah Mesir karena itu suasana Lebaran di Mesir dan Kairo khususnya juga perlu menyesuaikan dengan tantangan-tantangan yang ada dengan adanya pandemi ini," kata Helmy.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X