12.960 ABK WNI Telah Kembali ke Tanah Air

Kompas.com - 06/05/2020, 20:49 WIB
Sebanyak 211 anak buah kapal (ABK) berstatus warga negara Indonesia tiba di RSD Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, pukul 03.15 WIB, Senin (4/5/2020). Dok Tim Medis RSD Wisma Atlet Kemayoran Sebanyak 211 anak buah kapal (ABK) berstatus warga negara Indonesia tiba di RSD Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, pukul 03.15 WIB, Senin (4/5/2020).
Penulis Dani Prabowo
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam kurun empat hari terakhir, jumlah warga negara Indonesia ( WNI) yang berprofesi sebagai anak buah kapal ( ABK) di luar negeri, yang telah kembali ke Tanah Air bertambah sebanyak 705 orang.

"Terkait pemulangan ABK dari luar negeri, hingga 5 Mei terdapat 12.960 ABK yang telah kembali ke Indonesia," kata Pelaksana Tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah, saat memberikan keterangan di Jakarta, Rabu (6/5/2020).

Secara rinci, ia menjelaskan, lima ABK kembali pada 2 Mei 2020. Selanjutnya, pada 3 Mei terdapat 468 ABK yang kembali ke Tanah Air.

Baca juga: 159 ABK yang Turun dari Kapal Pesiar di Bali Langsung Jalani Tes Swab

Adapun, pada 4 Mei terdapat 203 ABK yang kembali dan 29 ABK pada 5 Mei 2020.

Para ABK yang kembali itu adalah mereka yang bekerja di sejumlah kapal pesiar di berbagai negara.

Namun, kapal pesiar tempat mereka bekerja saat ini berhenti beroperasi akibat pandemi Covid-19.

Baca juga: 159 ABK yang Turun dari Kapal Pesiar di Bali Langsung Jalani Tes Swab

Faizasyah memastikan, para ABK yang kembali tersebut telah menjalani prosedur pemeriksaan yang ketat di pintu kedatangan negara sebelum kembali ke daerah asal masing-masing.

"Tentunya seluruh proses pemulangan ABK tersebut telah memperhatikan protokol dan prosedur kesehatan yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan," ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X