Survei: Persentase Masyarakat yang Merasa Kebal Covid-19 Menurun

Kompas.com - 22/04/2020, 16:48 WIB
Ilustrasi virus corona (Covid-19) SHUTTER STOCKIlustrasi virus corona (Covid-19)

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring dengan peningkatan kasus Covid-19 yang terjadi di Tanah Air, kekhawatiran masyarakat terhadap penyebaran virus ini makin tinggi.

Hal itu terlihat dari perubahan hasil dua survei terakhir yang dilakukan Kedaikopi dalam sebulan terakhir.

Baca juga: UPDATE: Kasus Covid-19 di Indonesia Kini 7.418, Bertambah 283 Orang

 

Direktur Eksekutif Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) Adi Wibowo menjelaskan, bila pada survei pertama yang dilakukan pada 3-4 Maret, masih ada sekitar 34,9 persen responden yang merasa kebal Covid-19.

Namun, hal itu tidak ditunjukkan pada survei kedua yang dilakukan pada 14-19 April lalu.

"Kemarin, waktu kita survei yang setuju bahwa masyarakat Indonesia kebal korona itu tinggal 7,4 persen. Dan saya harap, ke depannya bisa sampai 0 persen," kata Kunto saat memaparkan hasil survei lewat telekonferensi di Jakarta, Rabu (22/4/2020).

Ia mengungkapkan, hampir 93,8 persen responden yang menyatakan merasa tidak kebal dengan Covid-19 khawatir akan tertular penyakit ini.

Hal itu kemudian meningkatkan kesadaran mereka untuk menerapkan sejumlah imbauan yang diberikan oleh pemerintah sebagai langkah pencegahan penularan.

Baca juga: Sebaran 283 Kasus Baru Covid-19 di 19 Provinsi, Jatim dan Jateng Bertambah Signifikan

Upaya itu seperti cuci tangan lebih sering, tetap tinggal di rumah, menggunakan masker ketika keluar, dan menerapkan social distancing.

Kekhawatiran juga terafirmasi dengan adanya 34,1 persen masyarakat yang merasa ada rekan kerja maupun tetangga di sekitar tempat tinggal yang telah dinyatakan positif Covid-19.

"Paling banyak sebarannya dua, baik itu positif maupun PDP (pasien dalam pengawasan)," ucapnya.

Baca juga: UPDATE: Kasus Covid-19 di Indonesia Kini 7.418, Bertambah 283 Orang

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X