Mendagri Minta Dukungan Komisi II Lobi Sri Mulyani Naikan Anggaran APBN untuk Dana Parpol

Kompas.com - 28/11/2019, 17:33 WIB
Komisi II DPR rapat kerja bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/11/2019) KOMPAS.com/HaryantipuspasariKomisi II DPR rapat kerja bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/11/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri ( Mendagri) Tito Karnavian meminta dukungan Komisi II DPR agar bisa melobi Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani untuk menaikkan dana bantuan partai politik dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Kami sudah berunding dengan Kemenkeu, masalah dukungan bantuan parpol ini. Kami mohon dukungan dari komisi II juga bisa diperjuangkan agar parpol bisa dapatkan anggaran lebih besar," kata Tito dalam rapat kerja bersama Komisi II DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Tito mengatakan, kenaikan anggaran itu bertujuan untuk menghidupkan partai politik dan agar memiliki sumber dana yang jelas.

Baca juga: Fadli Zon Usul Dana Parpol Jadi Rp 10.000 Per Suara


"Untuk survive-nya operasionalnya parpol. Kami menggunakan prinsip program follow money. Money-nya (program) sudah disiapkan," ucapnya

Sementara itu, Plt Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Sekjen Kemendagri) Hadi Prabowo mengatakan, pihaknya mengusulkan kenaikan dana bantuan partai politik sebesar Rp 1000 per suara.

Namun, menurut dia, parpol meminta kenaikan sebesar Rp 2000-5000.

"Kemendagri memang menyarankan bantuan parpol per suara 1000, di 2020 memang karena adanya jumlah parpol yang meningkat," kata Hadi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X