Indra Bambang Utoyo Bakal Maju sebagai Calon Ketua Umum Golkar

Kompas.com - 26/11/2019, 13:22 WIB
Ketua DPP Partai Golkar, Indra Bambang Utoyo menyatakan kesiapannya maju menjadi calon ketua umum Partai Golkar, Jumat (26/2/2016) KOMPAS.com/ NABILLA TASHANDRAKetua DPP Partai Golkar, Indra Bambang Utoyo menyatakan kesiapannya maju menjadi calon ketua umum Partai Golkar, Jumat (26/2/2016)

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPP Partai Golkar Indra Bambang Utoyo memastikan dirinya bakal maju sebagai calon ketua umum Golkar pada musyawarah nasional (munas) awal Desember mendatang.

Dengan begitu, Indra akan bersaing dengan dua petinggi Golkar lainnya, yaitu Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Wakil Koordinator Bidang Pratama Bambang Soesatyo.

"Ya, saya akan maju (sebagai calon ketua umum Golkar). Selama ini hanya muncul dua calon, dan itu buruk untuk rasa persatuan di Partai Golkar," kata Indra saat dihubungi wartawan, Selasa (26/11/2019).

Indra mengatakan, dirinya tidak ingin mengulang sejarah pecahnya Golkar karena hanya ada dua calon ketua umum.

Baca juga: Seputar Seleksi Caleg Akan Jadi Materi dalam Munas Golkar

Pada munas periode sebelumnya, terjadi ketegangan antara pendukung Aburizal Bakrie dan Agung Laksono hingga lahirlah dua munas.

Kedua munas tersebut menghasilkan dua dewan pimpinan pusat (DPP), yaitu versi Ancol dan Bali.

"Setelah hampir 1,5 tahun terpecah, atas imbauan pemerintah, akhirnya diadakan munas bersama yang menghasilkan SN (Setya Novanto) menjadi ketua umum. Saat munas ada delapan caketum, akibatnya konsolidasi Golkar terganggu," kata Indra.

Meski telah menyatakan akan maju sebagai caketum, Indra mengatakan, dirinya terbuka dengan munculnya caketum-caketum lain.

"Mudah-mudahan akan lebih banyak lagi kader-kader yang mau maju. Saat ini di luar Airlangga Hartarto dan Bambang Soesatyo, sudah ada tiga caketum, saya, Ridwan Hisyam dan Agun Gundanjar," kata dia.

Baca juga: Kubu Bambang Soesatyo Siap Gelar Munas Golkar Tandingan

Untuk diketahui, jelang pemilihan ketua umum Golkar, sejumlah nama kerap disebut-sebut menjadi bakal calon ketua umum.

Dari beberapa nama yang muncul, nama Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Wakil Koordinator Bidang Pratama Golkar Bambang Soesatyo paling banyak diperbincangkan.

Adapun pemilihan ketua umum Golkar baru akan dilakukan pada awal Desember 2019, melalui forum musyawarah nasional (munas).

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X