Ida Fauziah, Wajah Baru Menaker di Kabinet Jokowi-Ma'ruf

Kompas.com - 23/10/2019, 17:13 WIB
Politisi PKB Ida Fauziah tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10/2019). ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/foc. ANTARA FOTO/Puspa PerwitasariPolitisi PKB Ida Fauziah tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10/2019). ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/foc.

JAKARTA, KOMPAS.com - Politisi Partai Kebangkitan Bangsa Ida Fauziah dipilih Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Ketenagakerjaan dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Nama Ida Fauziah mulai dikenal publik saat berpasangan dengan Sudirman Said dalam Pilkada Jawa Tengah 2018.

Kini, dia menjadi wajah baru perempuan di dalam kabinet pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Ida Fauziah lahir di Mojokerto, 16 Juli 1969. Dia pernah duduk sebagai anggota DPR pada 1999 hingga 2018 dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), daerah pemilihan Jawa Timur.

Dia sempat ditugaskan sebagai Ketua Komisi VIII DPR yang menangani bidang agama, sosial, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, dan zakat.

Baca juga: Calon Menteri Ida Fauziah Diajak Jokowi Diskusi soal Kartu Pra Kerja

Ida Fauziah juga merupakan pendiri Ketua Kaukus Perempuan Parlemen dan pernah menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Fatayat NU.

Di DPR, Ida juga dipercaya sebagai Ketua Fraksi PKB dan Wakil Ketua Badan Legislasi dan anggota Komisi II DPR.

Pada 2019 dia maju dalam Pilkada Jawa Tengah 2018 sebagai calon wakil gubernur, berdampingan dengan Sudirman Said sebagai calon gubernur.

Namun, dia gagal setelah kalah suara dari pasangan Ganjar Pranowo dan Taj Yasin.

Sebelum berkancah di politik, Ida Fauziah menyelesaikan pendidikan S1-nya di IAIN Sunan Ampel Surabaya pada tahun 1993 dan Universitas Satyagama jurusan Ilmu Pemerintahan.

Sebelum menjadi politikus, Ida sempat menjadi guru dan mengajar di MPAK Jombang pada 1994, SMP YPN (1996-1998), dan SMU Khadijah Surabaya (1997-1999).

Saat menjadi politisi, Ida Fauziah juga aktif dalam berbagai kegiatan perempuan seperti menjadi Ketua PPKB (Pergerakan Perempuan Kebangkitan Bangsa) pada tahun 2002-2007.

Dia juga pernah menjadi anggota Lembaga Advokasi Perempuan PP Fatayat NU pada 2000-2004.

Pada Pilpres 2019, dia pernah masuk dalam Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf. Dia diamanatkan tugas sebagai direktur penggalangan pemilih perempuan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X