KILAS

Tingkatkan Kapasitas Humas, Badiklit Pensos Gelar Pelatihan Jurnalistik

Kompas.com - 20/10/2019, 11:23 WIB
Kepala Badan Pendidikan Penelitian dan Penyuluhan Sosial (Badiklit Pensos) Syahabuddin , didampingi Kabag Publikasi dan Pemberitaan Biro Humas Salahuddin Yahya,  saat membuka kegiatan Teknik Penulisan Jurnalistik dan Fotografi dalam Mendukung Kinerja Pemerintahan di Lingkungan Badiklitpensos? di Bogor, Sabtu (19/10/2019). Dok. Humas Kementerian SosialKepala Badan Pendidikan Penelitian dan Penyuluhan Sosial (Badiklit Pensos) Syahabuddin , didampingi Kabag Publikasi dan Pemberitaan Biro Humas Salahuddin Yahya, saat membuka kegiatan Teknik Penulisan Jurnalistik dan Fotografi dalam Mendukung Kinerja Pemerintahan di Lingkungan Badiklitpensos? di Bogor, Sabtu (19/10/2019).

KOMPAS.com – Kepala Badan Pendidikan Penelitian dan Penyuluhan Sosial (Badiklit Pensos) Kementerian Sosial (Kemensos) Syahabuddin mengatakan, peran humas sangat penting bagi lembaga negara, seperti Kemensos.

Dalam menjalankan menjalankan fungsi-fungsi kehumasan di lembaga negara, imbuh dia, setiap unit kerja memiliki peran penting, terutama dalam hal sosialisasi, publikasi, dan advokasi.

Menurut dia, fungsi kehumasan berperan penting baik di bidang tugas masing-masing, maupun program kementerian secara umum, termasuk program prioritas nasional.

“Koordinasi antar satuan kerja penting terus dijalin. Karena dalam mengemas pemberitaan, tetap dirangkai dalam semangat kebersamaan dalam konteks Kementerian Sosial secara keseluruhan,” katanya dalam pernyataan tertulis, Minggu (20/10/2019).

Baca juga: Kemensos Salurkan Bantuan untuk Pengungsi Nduga dalam 4 Tahap

Oleh karena itu, penguatan kapasitas bagi para praktisi kehumasan pemerintah sangat penting.

Profesionalisme perlu diasah untuk memperkuat pengelolaan kehumasan bagi program pembangunan kesejahteraan sosial.

Menurut dia, petugas kehumasan di unit kerja perlu diberikan bekal penguatan, baik dari aspek pengetahuan, kapasitas kehumasan, maupun membangun kesamaan informasi dan persepsi.

Humas harus bisa membedakan mana informasi bernilai berita dan mana yang sekadar informasi. Harus bisa membedakan mana berita, opini, dan hoaks,” kata Syahabuddin.

Pelatihan jurnalistik

Untuk itu, Badiklit Pensos mengadakan pelatihan “Teknik Penulisan Jurnalistik dan Fotografi dalam Mendukung Kinerja Pemerintahan di Lingkungan Badiklit Pensos” di Bogor, Sabtu (19/10/2019).

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengasah kemampuan para praktisi humas di lingkungan Kemensos.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X