Saksi Mengaku Diperintah Bowo Sidik Cairkan Rp 8 Miliar dalam Pecahan Rp 20.000

Kompas.com - 25/09/2019, 13:18 WIB
Sidang lanjutan pemeriksaan saksi untuk terdakwa anggota Komisi VI DPR Bowo Sidik di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (25/9/2019) KOMPAS.com/DYLAN APRIALDO RACHMANSidang lanjutan pemeriksaan saksi untuk terdakwa anggota Komisi VI DPR Bowo Sidik di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (25/9/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Rekan anggota Komisi VI DPR Bowo Sidik Pangarso, Ayi Paryana mengakui bahwa Bowo meminta dirinya mencairkan uang senilai Rp 8 miliar secara bertahap ke dalam pecahan Rp 20.000.

Hal itu diungkapkan Ayi saat bersaksi untuk Bowo yang didakwa jaksa menerima gratifikasi sebesar 700.000 dollar Singapura dan Rp 600 juta.

"Pas beliau pulang haji, kita ketemu lagi, mengobrol lagi. Beliau kan haji sekitar Juni-Juli 2018 ya," kata Ayi saat bersaksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Rabu (25/9/2019).

"Jadi setelah pulang ketemu, dia cerita mau minta tolong, 'Mas Ayi punya fasilitas di bank, supaya misalnya nukerin uang dari (dollar) Singapura ke rupiah," tuturnya.

Baca juga: Lewat Sekretaris Bowo Sidik, Jaksa Tanya Pengurusan Proposal Pembangunan Pasar di Minahasa Selatan

Pada waktu itu, Ayi pun bertanya ke pihak Bank Mandiri Cabang Senayan City apakah memungkinkan pencairan dollar Singapura ke dalam pecahan Rp 20.000 dilakukan.

"Ya enggak ada masalah katanya, kan normal saja pencairannya. Cuma pencairan 100.000 dollar Singapura itu ke spesifik Rp 20.000 butuh waktu kan," ujar Ayi.

"Jadi bank itu sesuai aturan saya diminta setor dulu ke rekening saya, dari sana baru ditukerin," kata dia.

Sehingga, kata Ayi, Bowo menitipkan uangnya secara bertahap masing-masing sekitar 100.000 dollar Singapura ke rekening Ayi.

Baca juga: Pegawai PT IAE Diperintah Bowo Sidik Masukkan Pecahan Rp 20.000 ke Amplop untuk Kampanye

Meski demikian, Ayi juga mengonfirmasi Bowo mengirimkan uang dalam pecahan rupiah ke rekeningnya.

Ayi mengatakan, total nilai uang yang ia terima sekitar Rp 8 miliar.

Uang itu kemudian dicairkan dalam 8 tahap dengan nilai masing-masing Rp 1 miliar dalam pecahan Rp 20.000.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X