Kenangan Sinta Nuriyah kepada Habibie dalam Sekotak Kurma...

Kompas.com - 12/09/2019, 19:41 WIB
Agus HarimuSinta Nuriyah Wahid saat menghadiri pemakaman Presiden RI ke-3 BJ Habibie di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019) KOMPAS.com/Deti Mega PurnamasariAgus HarimuSinta Nuriyah Wahid saat menghadiri pemakaman Presiden RI ke-3 BJ Habibie di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Istri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah Wahid, punya kenangan lucu dengan almarhum Bacharuddin Jusuf Habibie.

Ketika Habibie jatuh sakit, beberapa waktu lalu, Sinta sempat menjenguk. Keduanya mengobrol banyak topik.

Salah satunya, Sinta mengutarakan rencananya untuk melakukan sahur keliling. Presiden ke-3 Indonesia itu kemudian melontarkan pernyataan yang membuat Sinta tertawa.

"Beliau bilang, 'saya mau ikut dong sahur keliling'. Aduh, itu saya jadi ketawa," ujar Sinta seusai mengikuti pemakaman Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).


Baca juga: Cucu Habibie: Eyang Orangnya Sangat Romantis ke Eyang Putri

Sinta merasa geli karena tentunya tidak mungkin Habibie dengan kondisi kesehatannya saat itu ikut di dalam kegiatan sahur keliling.

Sinta pun menceritakan bagaimana serunya mengikuti sahur keliling. Cerita itu membangkitkan semangat Habibie.

Presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia. Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 itu meninggal akibat penyakit yang dideritanya di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta.IST Presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia. Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 itu meninggal akibat penyakit yang dideritanya di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta.
"Beliau bilang, ini (sahur keliling) sangat bagus dan enggak ada duanya'," kenang Sinta.

Ketika hendak pulang, Habibie memberikan satu kotak berisi buah kurma kepada Sinta. Kurma itu bekal selama Sinta mengikuti sahur keliling.

"Saya pulang sampai dibawain sekotak kurma ya. Itu yang membuat saya ingat selalu Pak Habibie," ujar Sinta.

Baca juga: “Yang Meninggal Hanya Jasad, tapi Warisan Ilmu BJ Habibie Akan Selalu Hidup”

BJ Habibie sendiri wafat pada usia 83 tahun usai menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Subroto sejak 1 September 2019 lalu.

Pada Rabu (11/9/2019) pukul 18.05 WIB petang, Habibie menghembuskan napas terakhir setelah seluruh keluarganya dipanggil dan mendampinginya.

BJ Habibie kemudian dimakamkan di TMP Kalibata, tepat disamping makam istrinya, Hasri Ainun Habibie.

Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara saat upacara pemakaman yang dilakukan secara militer itu dimulai.

 

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X