Ditanya Hendardi, Alexander Marwata: Saya Bukan Titipan Siapa Pun

Kompas.com - 27/08/2019, 10:34 WIB
Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata,saat tes wawancara dan uji publik seleksi capim KPK di Gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Selasa (27/8/2019).   KOMPAS.com/CHRISTOFORUS RISTIANTOCalon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata,saat tes wawancara dan uji publik seleksi capim KPK di Gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Selasa (27/8/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com — Calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata, menegaskan bahwa dirinya bukan titipan pihak mana pun untuk kembali maju menjadi pimpinan KPK periode 2019-2023.

Hal itu disampaikan Alex saat tes wawancara dan uji publik seleksi capim KPK di Gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Selasa (27/8/2019).

"Saya harus buktikan bahwa saya bukan titipan siapa pun. Saya ini termasuk pimpinan yang jarang komunikasi dengan pejabat negara atau anggota DPR atau partai politik atau mana pun," ujar Alex.

Baca juga: Alexander Marwata: Saya Berharap Sama Pak Laode Berdua di KPK

Pernyataan Alex tersebut menjawab pertanyaan anggota pansel, Hendardi, yang menanyakan bagaimana Alex membuktikan bahwa dirinya bukan aktor yang ikut melemahkan KPK.

Alex menambahkan, kegiatannya selama menjadi pimpinan KPK periode 2015-2019 setelah bekerja lebih banyak diluangkan bersama keluarga dan teman-teman SMA.

"Kegiatan saya selesai bekerja, pulang ke rumah, makan bersama keluarga, kumpul dengan teman-teman SMA. Saya enggak pernah bertemu secara pribadi dengan pejabat, penyelenggara negara, atau siapa pun," katanya.

Baca juga: Pansel Capim KPK Pertimbangkan Komisioner KPK Aktif Masuk 10 Besar

"Saya enggak tahu bagaimana membuktikan bahwa saya bukan titipan orang lain atau pejabat penyelenggara negara," paparnya kemudian.

Diakui Alex, mungkin ada beberapa pihak yang mendukungnya maju lagi sebagai pimpinan KPK. Namun, ia tidak tahu siapa pihak-pihak tersebut.

"Mungkin ada yang mendukung saya, tapi saya enggak tahu siapa," katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X