Alexander Marwata: Saya Berharap Sama Pak Laode Berdua di KPK

Kompas.com - 26/08/2019, 17:13 WIB
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata selepas tes kesehatan capim KPK di RSPAD Gatot Subroto, Senin (26/8/2019). KOMPAS.com/ CHRISTOFORUS RISTIANTOWakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata selepas tes kesehatan capim KPK di RSPAD Gatot Subroto, Senin (26/8/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisioner Komisi Pemberentasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata berharap komisioner KPK lainnya, Laode M Syarif bisa lolos tahap profile assessment dan berjuang bersama masuk dalam 10 besar capim KPK periode 2019-2023.

Alex dan Laode merupakan Wakil Ketua KPK periode 2015-2019 yang maju kembali untuk periode selanjutnya. Namun, Laode gagal lolos tahap profile assessment.

"Ya saya juga berharapnya sama Pak Laode, jadi masih bisa berdua di KPK kan, tetapi ya lihat saja ya, saya juga enggak bisa memastikan apakah setelah ini saya masih bisa lolos atau enggak," ujar Alex selepas tes kesehatan capim KPK di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Senin (26/8/2019). 

Baca juga: Ini Alasan Pansel Tunjuk Luhut dan Meutia Jadi Panelis Seleksi Capim KPK

Alex mengatakan, meskipun masih memiliki peluang masuk 10 besar, masih ada fit and proper test oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Apalagi, menurut dia, hingga saat ini belum ada pimpinan KPK yang bisa menjabat dua kali periode. 

Namun, kata Alex, pada prinsipnya ia akan mengikuti proses seleksi dengan maksimal. Apa pun keputusan Pansel Capim KPK akan ia terima.

"Prinsipnya saya ikuti sajalah prosesnya. Saya enggak punya target tertentu harus lolos atau enggak, ambisi harus jadi ya enggak, itu saja. Pokoknya apa pun putusan akan saya terima dengan gembira, mau lolos atau enggak saya tetap gembira," ucap Alex berseloroh.

Dalam seleksi tahap profile assessment, 20 orang dinyatakan lolos. Dari 20 nama itu, ada dua orang dari unsur komisioner/pegawai KPK yang lolos.

Dua orang tersebut ialah komisioner KPK 2015-2019 Alexander Marwata dan pegawai KPK Sujanarko.

"Ini (tidak lolosnya Laode) kan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang sudah disampaikan Pansel KPK, dari hasil profile assessment, dan rapat yang diputuskan secara aklamasi. Hasilnya ya tinggal Pak Alex dari komisioner KPK," ujar anggota panitia seleksi capim KPK, Diani Sadia Wati, di Kemensetneg, Jakarta Pusat, Jumat (23/8/2019).

Baca juga: Jumat, Pansel Umumkan 10 Capim KPK untuk Diserahkan ke Jokowi

Dari nama-nama yang lolos, empat orang merupakan perwira polisi, tiga jaksa, dan seorang pensiunan jaksa.

Adapun komisioner KPK 2015-2019 yang lolos profile assessment hanya Alexander Marwata.

Seorang pegawai KPK juga dinyatakan lolos. Sepuluh calon lain yang lolos berprofesi hakim (1 orang), advokat (1), pegawai negeri sipil (3), dosen (3), karyawan BUMN (1), dan penasihat menteri (1).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X