Kompas.com - 21/08/2019, 15:34 WIB
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com- Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi sudah mengantongi nama perguruan tinggi swasta yang siap dipimpin rektor asing pada 2020 .

Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Na'im mengatakan, PTS tersebut akan diumumkan oleh Menristekdikti Muhammad Natsir dalam waktu dekat.

"Ya nanti Pak Menteri yang umumkan, ada satu-dua," kata Ainun selepas acara program Double Degree Peningkatan Kapasitas ASN di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (21/8/2019).

Baca juga: Menristekdikti: Presiden Setuju soal Rektor Asing, tetapi...

Ainun enggan menjelaskan lebih jauh terkait kampus tersebut serta alasan mengapa kampus tersebut akan dipimpin oleh rektor berkewarganegaraan asing.

Ainun hanya mengatakan, peluang perguruan tinggi swasta dipimpin rektor asing lebih besar dibanding perguruan tinggi negeri karena aturan yang lebih fleksibel.

"Ada kemungkinan karena mereka lebih fleksibel, mereka lebih fleeksibel. Kalau mereka siap, mereka memang perlu, kita fasilitasi," ujar Ainun.

Baca juga: UNS Solo Akan Ikuti Rencana Pemerintah Datangkan Rektor Asing

Pemerintah berencana mendatangkan rektor asing untuk memimpin perguruan tinggi di Indonesia. Presiden Jokowi sendiri telah menyetujui rencana mendatangkan rektor asing.

Wacana mendatangkan rektor asing ini muncul untuk meningkatkan peringkat perguruan tinggi di Indonesia di tingkat dunia. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.