Kader Ajukan 3 Kriteria Calon Ketua Umum PAN

Kompas.com - 03/08/2019, 07:32 WIB
Instruktur Perkaderan Senior PAN Icu Zukafril usai acara fgd Oposisi Tugas Suci Amanat Rakyat 2019 di TMII, Jakarta Timur, Jumat (2/8/2019) KOMPAS.com/Deti Mega PurnamasariInstruktur Perkaderan Senior PAN Icu Zukafril usai acara fgd Oposisi Tugas Suci Amanat Rakyat 2019 di TMII, Jakarta Timur, Jumat (2/8/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Para kader PAN memiliki kriteria sendiri bagi ketua umum yang ingin mereka pilih.

Instruktur Pengkaderan Senior PAN Icu Zukafril menyebutkan, pihaknya memang tidak mendorong sosok untuk menjadi Ketua Umum PAN. Namun, pihaknya memiliki tiga kriteria sederhana yang harus dipenuhi.

"Pertama, memiliki integritas kebangsaan, kerakyatan. Kedua, kompetensi pengetahuan, kan politik basis ilmu. Ketiga, pengalaman," kata Icu usai focus group discussion (FGD) 'Opsosisi Tugas Suci Amanat Rakyat 2019' di TMII, Jakarta Timur, Jumat (2/8/2019).

Baca juga: Mayoritas Kader Minta Oposisi, Elite PAN Belum Ambil Keputusan

Menurutnya, pengalaman sangat penting bagi seseorang yang ingin mencalonkan diri jadi Ketua Umum PAN.

Dia harus memiliki kecakapan, pernah menjabat di berbagai bidang, dan matang.

"Kami tidak memilih sosoknya, tapi kriterianya terbuka," kata dia.

Untuk dapat memilih Ketua Umum, kata dia, harus dalam kegiatan kongres yang baru akan dilaksanakan setelah rapat kerja nasional (rakernas).

Baca juga: Ingin PAN Oposisi Jokowi-Maruf, Amien Rais Sampaikan Pesan Tertulis

Rakernas PAN itu sendiri belum ditentukan jadwalnya karena harus menunggu kepulangan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang sedang beribadah haji.

"Tapi kalau ganti (ketua umum) itu biasa saja. Pak Amien Rais satu kali, Pak Soetrisno Bachir, dan Hatta Radjasa juga satu kali. Ya, Pak Zul juga satu kali," kata dia.

Adapun calon-calon untuk kandidat Ketua Umum PAN itu, dikatakan Icu cukup banyak, baik dari dalam, kader, maupun anggota yang baru mendaftar.

"Kami belum rumuskan orang (untuk calon Ketua Umum PAN). Kriterianya tiga itu saja," pungkas dia.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X