Kompas.com - 02/08/2019, 23:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo memerintahkan jajarannya untuk bertindak cepat menangani situasi pascagempa bermagnitudo 7,4 yang melanda kawasan Banten dan sekitarnya.

"Kita berharap yang di lapangan, karena malam hari ini, tadi saya juga telepon polres, lapangan dalam keadaan sementara, baik semuanya," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (2/7/2019) malam.

"Saya sudah perintahkan juga kepada BNPB, TNI, Polri, dan Menteri Sosial untuk bertindak cepat apabila ada yang memang harus kita bergerak," ujarnya.

Baca juga: Gempa Banten, BMKG Revisi Magnitudo Jadi 6,9 dan Kedalaman 48 Km

Jokowi juga mengimbau masyarakat yang terdampak gempa untuk tenang dan waspada. Ia meminta masyarakat agar tetap berhati-hati.

Saat ini Badan Meteorolog, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sudah mencabut peringatan dini akan terjadinya tsunami.

"Yang penting, tidak ada tsunami dan peringatan potensi sudah berakhir," katanya.

Baca juga: Alasan Gempa Banten Tak Berpotensi Tsunami, Menurut Ahli UGM

Gempa bumi bermagnitudo 7,4 melanda kawasan Banten dan sekitarnya pada Jumat pukul 19.03 WIB. Gempa terasa di beberapa wilayah, termasuk Jakarta.

BMKG sempat mengeluarkan peringatan akan adanya potensi tsunami akibat gempa tersebut. Namun kini, peringatan tersebut sudah berakhir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.