[HOAKS] Pesan Soal Air Laut Surut 20 Meter di Pesisir Cilacap

Kompas.com - 22/07/2019, 21:00 WIB
Hoaks, video yang menampilkan kondisi air laut yang surut sejauh 20 meter di pesisir Cilacap, Jawa Tengah.Facebook: Ragil Trevel Hoaks, video yang menampilkan kondisi air laut yang surut sejauh 20 meter di pesisir Cilacap, Jawa Tengah.
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Informasi mengenai air laut yang surut di pesisir selatan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah beredar melalui pesan berantai dan video di media sosial pada Minggu (21/7/2019).

Adapun pesan itu menyebutkan bahwa masyarakat yang berada di Cilacap dimohon untuk segera pulang, sebab air laut sudah surut sejauh 20 meter.

Tak hanya itu, informasi surutnya air laut di pesisir Cilacap juga dilengkapi dengan foto dan video kondisi pantai yang terlihat perahu-perahu terdampar di tepi pantai.


Menyikapi hal ini, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap mengatakan bahwa kabar tersebut tidak benar alias hoaks.

Baca juga: Viral Potensi Tsunami Selatan Jawa, BMKG Tegaskan Mengungsinya Bukan Sekarang

Narasi yang beredar:

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, pesan tentang air laut yang surut sejauh 20 meter di pesisir Cilacap bermula dari aplikasi pesan WhatsApp pada Minggu (21/7/2019).

Berikut bunyi pesan tersebut:

"Sekilas info lur. Bagi yang keluarganya lagi berlibur di Cilacap dimohon untuk segera pulang. Yang punya keluarga di Cilacap untuk siaga dikarenakan air laut sudah surut 20 meter".

Dalam pesan juga disisipkan foto yang menampilakn kondisi air laut tengah surut dan beberapa perahu nelayan terdampar di pesisir pantai.

Selain itu, salah satu pengguna Facebook, RT, juga menyebarkan informasi ini dalam bentuk video di akunnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X