KPU: Dari Tahun ke Tahun, Situng Tak Pernah Seratus Persen

Kompas.com - 10/06/2019, 19:43 WIB
Ketua KPU Arief Budiman di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Sabtu (18/5/2019). CHRISTOFORUS RISTIANTO/KOMPAS.comKetua KPU Arief Budiman di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Sabtu (18/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Data penghitungan suara dalam Sistem Informasi Penghitungan (Situng) milik KPU belum mencapai angka seratus persen. Padahal, hasil resmi pemilu dari penghitungan rekapitulasi manual dan berjenjang telah ditetapkan pada 21 Mei 2019 lalu.

Menurut Ketua KPU Arief Budiman, bukan kali ini saja perhitungan suara Situng tak bisa mencapai angka sempurna. Dari Pemilu ke Pemilu, Situng belum bisa menyentuh seratus persen.

"Memang Situng kita dari Pemilu ke Pemilu belum bisa mencapai seratus persen," kata Arief di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (10/6/2019).

Baca juga: KPU Tak Akan Selesaikan Situng Seratus Persen, Ini Alasannya

Arief menyebut, penghitungan Situng belum mencapai seratus persen lantaran Pemilu kali ini dilakukan secara serentak meliputi Pilpres dan Pileg. Sehingga, data yang harus diinput pun tidak sedikit.

Menegaskan pernyataan Arief, Komisioner KPU Ilham Saputra menyebut bahwa Situng Pilpres 2014 pun tak bisa mencapai seratus persen.

Namun demikian, KPU berupaya untuk melakukan penghitungan secara maksimal.

Baca juga: Mantan Komisioner KPU: Belum Selesainya Situng Bukan Masalah Besar

"Ya memang begitu, pengalaman 2014 pun begitu (tidak seratus persen). Prinsipnya kan kita tetap mengupayakan yang maksimal untuk database kita," ujar Ilham.

Meski begitu, Ilham menuturkan, pihaknya tidak akan menyelesaikan penghitungan suara Situng seratus persen.

"Ya enggak (diselesaikan seratus persen) lah, sekitar 99-an persen saja. Sudah kami upayakan maksimal tapi tidak bisa seratus persen," katanya.

Baca tentang


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X