Akbar Tandjung Ingatkan Pentingnya Persatuan dan Kebersamaan di Pemilu 2019

Kompas.com - 16/04/2019, 22:45 WIB
Ketua Dewan Penasihat Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Akbar Tandjung DYLAN APRIALDO RACHMAN/KOMPAS.comKetua Dewan Penasihat Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Akbar Tandjung

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tandjung mengingatkan semua pihak untuk menjaga rasa kebersamaan dan persatuan hingga Pemilu 2019 usai.

"Sebagai bangsa, semakin diharapkan mampu tetap membangun kebersamaan dan persatuan walaupun kita mempunyai perbedaan dalam menentukan sikap, katakanlah (soal) pilihan-pilihan," kata dia di Hotel Luwansa, Jakarta, Selasa (16/4/2019).

Ia mengingatkan, Indonesia merupakan negara majemuk. Kemajemukan bukan dipandang sebagai sumber konflik, melainkan sumber kekuatan. Oleh karena itu, ia berharap semua pihak saling menghargai perbedaan sikap.

Baca juga: Akbar Tandjung Pandang Pemilu 2019 Uji Kualitas Demokrasi RI

"Saya kira kalau kita semakin matang dalam demokrasi walaupun kita berbeda tetapi sama sekali tidak menghilangkan rasa kebersamaan kita sebagai satu warga bangsa indonesia yang beraneka ragam," ungkapnya.

Akbar juga memandang Pemilu yang diselenggarakan pada 17 April ini merupakan momentum untuk menguji sejauh mana peningkatan kualitas demokrasi Indonesia.

"Tentu di sinilah kita diuji peningkatan kualitas demokrasi kita," kata Akbar Tandjung.

Baca juga: 7 Kasus Politik Uang Jelang Pemilu, Uang Rp 1 Miliar di Mobil hingga Rp 500 Juta di Lobi Hotel

Ia optimistis Pemilu 2019 akan memperkuat pembangunan demokrasi di Indonesia.

"Peristiwa politik pada hari-hari ini merupakan satu puncak pengalaman yang akan lebih memperkaya khasanah kita dalam pembangunan demokrasi," pungkasnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X