KPU Ajak Masyarakat Ikut Kawal Penyelenggaraan Pemilu

Kompas.com - 12/04/2019, 16:43 WIB
Pramono Ubaid KOMPAS.com/HaryantipuspasariPramono Ubaid

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisioner Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Pramono Ubaid mengatakan, masyarakat harus ikut mengawal proses penyelenggaraan Pemilu 2019.

Menurut dia, pengawasan dari masyarakat untuk memastikan tak ada kekurangan dan potensi kecurangan.

"Kami meyakini ada kekurangan sana sini, ada kecurangan sana sini. Karena kita tahu bahwa di mana pun negara demokrasi, tidak ada pemilu yang sama sekali nir kecurangan," kata Pramono saat ditemui wartawan di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Jumat (12/4/2019).

Pramono mengatakan, semua pihak harus memastikan jika terjadi dugaan kecurangan pemilu, siapa yang melakukannya.

"Bisa jadi antara penyelenggara pemilu setempat dengan caleg tertentu dengan partai tertentu yang enggak ada pola gitu, tak terpola," ujar Pramono.

Oleh karena itu, kata dia, KPU membutuhkan dukungan dari masyarakat dan lembaga terkait untuk mengawasi pemilu agar integritas Pemilu tidak tercoreng.

"Tapi itu bagian yang harus kita antisipasi karena seberapa kecil pelanggaran Pemilu menceredai integritas dan hasil pemilu," ujar Pramono.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X