Kata Ma'ruf ke Sandiaga soal Rencana Pusat Ekonomi Halal: Telat Ente!

Kompas.com - 02/02/2019, 13:27 WIB
Calon wakil presiden nomor urut 01, Maruf Amin.Kompas.com/Fitria Chusna Farisa Calon wakil presiden nomor urut 01, Maruf Amin.

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin menyinggung cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno, yang memprediksi Indonesia bakal menjadi pusat ekonomi halal dunia.

Menurut Ma'ruf, konsep itu bukan lagi hal baru. Dirinya bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah menggarap konsep itu sejak lama.

"Ada yang bilang, nanti kalau saya katanya akan menjadikan halal dunia. Saya bilang, telat ente. Saya bersama MUI sudah 24 tahun ngurusin halal," kata Ma'ruf dalam acara Istighosah bersama Nahdliyyin dan warga Jakarta Pusat, di Gelanggang Remaja Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (2/1/2019).

Baca juga: Sandiaga Klaim Selisih Elektabilitasnya dengan Jokowi-Maruf Tinggal 1 Digit


Ma'ruf menyebut, standar halal Indonesia bahkan sudah menjadi standar halal dunia. Secara regulasi, sudah ada Undang-Undang Jaminan Produk Halal.

Undang-Undang tersebut bersifat wajib atau mandatori untuk seluruh produk, bukan lagi sukarela.

"Makanya, kita merumuskan yaitu Undang-Undang (Jaminan Produk) Halal, ekonomi syariah, insyaAllah akan terus dikembangkan," katanya.

Ma'ruf mengatakan, jika dirinya dan Jokowi menang dalam pemilu 2019, akan semakin mengembangkan konsep ekonomi halal.

"Pemerintah juga sudah ingin, bukan hanya halal menjadi isu global, tapi produk Indonesia harus bisa bersaing dengan produk-produk global," tandasnya.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X