Sandiaga Sebut Prabowo Lahirkan Banyak Pemimpin, Termasuk Jokowi

Kompas.com - 22/11/2018, 15:29 WIB
Capres urut 1 Joko Widodo dan nomor urut 2 Prabowo Subianto berjalan bersama pada Deklarasi Kampanye Damai dan Berintegritas di Kawasan Monas, Jakarta, Minggu (23/9/2018). Deklarasi tersebut bertujuan untuk memerangi hoaks, ujaran kebencian dan politisasi SARA agar terciptanya suasana damai selama penyelenggaraan Pilpres 2019.MAULANA MAHARDHIKA Capres urut 1 Joko Widodo dan nomor urut 2 Prabowo Subianto berjalan bersama pada Deklarasi Kampanye Damai dan Berintegritas di Kawasan Monas, Jakarta, Minggu (23/9/2018). Deklarasi tersebut bertujuan untuk memerangi hoaks, ujaran kebencian dan politisasi SARA agar terciptanya suasana damai selama penyelenggaraan Pilpres 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno menyebut, pasangannya Prabowo Subianto sudah banyak melahirkan banyak pemimpin muda yang eksis saat ini.

Menurut Sandiaga, salah satu pemimpin yang dilahirkan oleh Prabowo adalah Presiden Joko Widodo, yang sudah menjadi rivalnya sejak pilpres 2014 lalu.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga saat menjadi pembicara dalam sebuah diskusi mengenai kebijakan publik yang digelar Paramida Public Talk Series di Jakarta, Kamis (22/11/2018).

Baca juga: Ini Strategi Prabowo di Bidang Energi jika Jadi Presiden

Awalnya Sandiaga menceritakan pengalamannya dalam membuat kebijakan publik saat menjadi calon wakil gubernur DKI Jakarta. Meski hanya bekerja selama setahun di posisi tersebut, namun Sandiaga mengklaim bahwa banyak pelajaran yang bisa ia ambil selama menjabat.

"Pengalaman saya walau singkat di Balai Kota memberi nuansa baru bagaimana mengeksekusi publik policy yang ujungnya menyejahterakan masyarakat," kata Sandiaga.

Sementara Prabowo Subianto yang lama berkarir militer, diakui Sandiaga memang tak pernah langsung bersentuhan dengan urusan kebijakan publik.

Namun, ia mengklaim bahwa ketua umum Partai Gerindra itu telah melahirkan banyak pemimpin yang pada akhirnya juga membuat banyak kebijakan publik.

"Pak Prabowo ini melahirkan banyak pemimpin muda yang sekarang sedang eksis. Salah satunya, ya Pak Jokowi," kata Sandiaga.

Menurut dia, Prabowo ikut melahirkan sosok Jokowi karena Partai Gerindra turut mengusungnya di Pilkada DKI Jakarta 2012 lalu. Setelah itu, nama Jokowi terus melambung hingga akhirnya menjadi Presiden RI, mengalahkan Prabowo di Pilpres 2014.

Pasangan Jokowi di Pilgub DKI 2012, yakni Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, menurut Sandiaga, juga adalah buah tangan Prabowo. Sandiaga lalu memuji Ahok yang merupakan pesaingnya di Pilkada DKI 2017 lalu.

Baca juga: Sandiaga Uno Sebut Prabowo Gelisah Banyak Pemuda Menganggur

"Ahok yang sangat fenomenal, filmnya 1 juta penonton, itu juga pak Prabowo yang mengidentifikasi dan launch," kata Sandiaga.

Selain itu, menurut dia masih ada sosok Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Setelah dicopot oleh Presiden Jokowi dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prabowo yang jeli lalu memutuskan untuk mengusung Anies di Pilkada DKI.  "Pak Prabowo me-relaunch Anies Baswedan," kata Sandi.

Nama terakhir yang disebut oleh Sandi yakni sosok Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Ridwan Kamil diusung oleh Gerindra saat menjadi Wali Kota Bandung.

Kompas TV Pernyataan Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga Uno, Mardani Ali Sera, yang menyebut akan menaikkan gaji guru sebesar Rp 20 juta mendapat dukungan dari Partai Keadilan Sejahtera. Sekjen PKS, Mustafa Kamal mengatakan kebutuhan guru di Indonesia merupakan hal yang nyata, ditambah status guru honorer di Indonesia, yang dianggapnya masih dalam kondisi yang memperihatinkan.

 

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


PenulisIhsanuddin
EditorKrisiandi
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X