Jokowi Akan Berpidato di ASEAN-Russia Summit

Kompas.com - 14/11/2018, 10:10 WIB
Presiden Joko Widodo saat membuka Rapat Pleno Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) di Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10/2018). KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERAPresiden Joko Widodo saat membuka Rapat Pleno Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) di Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10/2018).

SINGAPURA, KOMPAS.com - Indonesia menjadi koordinator pertemuan 4th ASEAN-Russia Summit di Singapura. Itu diputuskan oleh ASEAN Coordinating Council (ACC), seperti dikatakan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. 

"Saat pertemuan ASEAN Coordinating Council (ACC) Meeting kemarin, diputuskan, Indonesia menjadi koordinator ASEAN-Russia Summit," ujar Retno di sela kegiatannya di Singapura, Rabu (14/11/2018).

Oleh sebab itu, ketika 4th ASEAN-Russia Summit dihelat di Suntec Singapore International Convention and Exhibition, Rabu siang, Presiden Joko Widodo akan berpidato di depan Presiden Rusia Vladimir Putin dan jajarannya, atas nama ASEAN.

Menlu menyebut, secara garis besar, Presiden Jokowi akan menyampaikan bahwa kerja sama antara ASEAN dan Rusia harus ditingkatkan.


"Intinya akan ada statement bahwa Rusia menjadi mitra strategis ASEAN," ujar Menlu Retno.

Baca juga: Presiden Jokowi Diagendakan Bertemu Putin di Sela KTT ASEAN

Dalam pertemuan itu pula, akan ditandatangani satu nota kesepahaman antara ASEAN dan Eurassian Economic Commision (EEC) Rusia tentang peningkatan kerja sama ekonomi.

Rencananya, setelah 4th ASEAN-Russia Summit dihelat, Presiden Jokowi akan melangsungkan pertemuan bilateral dengan Presiden Putin. Peningkatan kerja sama ekonomi Indonesia-Rusia masih menjadi topik utama pertemuan bilateral itu.

Kompas TV Pembangunan ekonomi kawasan menjadi salah satu pokok pembahasan dalam pertemuan.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X