Kuasa Hukum: Amien Rais Akan Ungkap Fakta Terkait Kasus Korupsi

Kompas.com - 10/10/2018, 09:27 WIB
Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais saat berpidato dalam perayaan milad PAN ke 20 di kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Kamis (23/8/2018).  KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTOKetua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais saat berpidato dalam perayaan milad PAN ke 20 di kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Kamis (23/8/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com — Anggota Tim Hukum dan Advokasi Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Surya Imam Wahyudi, mengatakan, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais akan mengungkap fakta terkait salah satu kasus korupsi yang ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pengungkapan fakta itu akan dilakukan Amien setelah menjalani pemeriksaan sebagai saksi terkait kasus dugaan penyebaran hoaks penganiayaan Ratna Sarumpaet, di Polda Metro Jaya, Rabu (10/10/2018).

"Pasti nanti ada pernyataan dari Pak Amien. Salah satu kasus (korupsi) yang ditangani KPK," ujar Surya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (9/10/2018) malam.

Baca juga: KPK Heran dengan Pernyataan Amien Rais soal Kasus Korupsi yang Mengendap

Namun, Surya mengaku belum mengetahui materi kasus yang dimaksud Amien.

Wakil Sekjen PAN ini mengatakan, tujuan Amien adalah mendorong KPK agar KPK melakukan penegakan hukum yang lebih profesional.

"Materinya saya belum tahu karena kami fokus pemeriksaan sebagai saksi. Tapi maksudnya Pak Amien, mendorong ada penegakan hukum yang lebih profesional," kata Surya.

Sebelumnya, saat ditemui di rumah pemenangan PAN, Jalan Daksa, Jakarta Selatan, Senin (8/20/2018) malam, Amien mengatakan, ia akan mengungkapkan sebuah fakta terkait kasus korupsi yang ditangani KPK.

Baca juga: Amien Rais: Saya Akan Ungkapkan Fakta yang Menarik Perhatian

Menurut Amien, kasus tersebut lama mengendap di KPK dan tak kunjung tuntas.

Namun, ia tidak menjelaskan secara detail terkait pernyataannya tersebut. Setelah memberikan pernyataan, Amien memilih menyudahi wawancara dan masuk ke mobilnya.

"Setelah itu saya akan membuat sebuah fakta yang insya Allah akan menarik perhatian, yang ini hubungannya tentang penegakan hukum dan korupsi yang sudah mengendap lama di KPK akan saya buka pelan-pelan," kata Amien.

Ditemui secara terpisah, Sekjen PAN Eddy Soeparno mengaku tidak mengetahui kasus yang dimaksud Amien.

"Saya tidak tahu kasus yang dimaksud Pak Amien. Nanti kita tunggu saja," kata Eddy.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X