Kapolri Programkan Rumah DP Nol Persen untuk Anggota Kepolisian

Kompas.com - 31/08/2018, 18:04 WIB
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian di Rumah Sakit Bhayangkara TK.I R. Said Sukanto (Polri), Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (31/8/2018). KOMPAS.com/Devina Halim Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian di Rumah Sakit Bhayangkara TK.I R. Said Sukanto (Polri), Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (31/8/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menyiapkan perumahan dengan skema pembayaran uang muka/down payment (DP) nol persen bagi anggota jajarannya.

Ia menyebutkan, saat ini anggotanya berjumlah 400.000 orang. Namun, mereka masih kekurangan rumah sebanyak 300.000 unit.

"Kalau mengandalkan APBN sulit, maka saya sudah membuat skema DP 0 persen," kata Tito di Rumah Sakit Bhayangkara Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (31/8/2018).

Baca juga: BTN Pastikan Tak Berikan DP KPR 0 Persen, Ini Alasannya


Program tersebut dijalankan dengan menggandeng beberapa bank pemerintah. Tito pun mengatakan sudah menandatangani perjanjian dengan bank-bank tersebut.

Nantinya, pembiayaan pembangunan akan dikucurkan oleh bank. Sementara pembayaran dilakukan melalui pemotongan gaji anggota polisi yang membeli rumah tersebut.

"Kita bekerja sama dengan bank-bank pemerintah, dengan real estate Indonesia, kemudian para Kapolres dan Kapolda bekerja sama dengan real estate membangun perumahan buat anggota," terang dia.

Baca juga: Tanpa DP, Beli Rumah Rp 300 Jutaan Cukup Nyicil Rp 2,9 Juta Per Bulan

"Lalu ditawarkan kepada anggota, cocok, kemudian pembangunannya dibiayai oleh bank, Bank Mandiri, BTN, BRI, semua siap," sambungnya.

Program tersebut merupakan salah satu cara Tito menekan budaya korupsi di kepolisian. Cara lainnya adalah gaji yang cukup serta pelayanan kesehatan yang memadai.

"Kita ingin meningkatkan kesejahteraan anggota, karena tanpa anggota yang sejahtera, budaya koruptif akan terus berjalan, sehingga strategi kita, perbaiki kesejahteraan anggota, cukupi biaya operasionalnya, cukupi sarana dan prasarana untuk kegiatan tugasnya," jelas Tito.

Kompas TV Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan kembali merealisasikan program rumah nol rupiah dengan konsep rumah tapak di wilayah Jakarta Utara.

 

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X