Gempa Bermagnitudo 7, BNPB-TNI Siap Kirim Tambahan Logisitik ke Lombok

Kompas.com - 19/08/2018, 23:57 WIB
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta Timur, Selasa (7/8/2018). KOMPAS.com/Devina HalimKepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta Timur, Selasa (7/8/2018).
Penulis Bayu Galih
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana berkoordinasi dengan TNI terkait pengiriman bantuan logistik dan peralatan menyusul gempa bermagnitudo 7 yang mengguncang Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat pada Minggu (19/8/2018).

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Willem Rampangilei pun telah berkoordinasi dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyusul sejumlah gempa yang terjadi Minggu malam.

"Pesawat-pesawat Hercules TNI di Lanud Halim Perdanakusuma dan Lanud Abdurrahman Saleh disiapkan untuk mengangkut bantuan," ucap Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis, Minggu malam.

Menurut Sutopo, saat ini pemerintah memfokuskan untuk melakukan proses evakuasi terhadap warga Lombok.

Ini perlu dilakukan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, terutama antisipasi terhadap adanya gempa susulan.

Saat ini, warga diarahkan ke sejumlah lokasi pengungsian berupa tanah lapang dan menjauhi bangunan.

Hingga saat ini, BNPB belum dapat memberikan informasi mengenai kerugian ataupun korban akibat gempa ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.