Cium Tangan Syafruddin untuk Jusuf Kalla dan Megawati...

Kompas.com - 15/08/2018, 12:35 WIB
Menteri PAN RB saat mencium tangan Wakil Presiden Jusuf Kalla usai dilantik di Istana Negara Jakarta, Rabu (15/8/2018).Fabian Januarius Kuwado Menteri PAN RB saat mencium tangan Wakil Presiden Jusuf Kalla usai dilantik di Istana Negara Jakarta, Rabu (15/8/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Menpan RB) Syafruddin mencium tangan Jusuf Kalla dan Megawati Soekarnoputri usai dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Rangkaian pelantikan Syafruddin dimulai dengan mengucapkan sumpah jabatan sebagai menteri dan menandatangani berita acara.

Acara ditutup dengan pemberian ucapan oleh Presiden Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta seluruh tamu undangan yang hadir.

Baca juga: Polri: Syafruddin Sudah Mengundurkan Diri dari Kepolisian

Ketika bersalaman dengan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana, Syafruddin tampak tidak mencium tangannya.

Keduanya hanya memiringkan badannya supaya dapat diabadikan momennya oleh para fotografer.

Namun, berbeda ketika ia bersalaman dengan Jusuf Kalla, Ibu Mufidah Kalla dan Presiden ke -5 Megawati Soekarnoputri. Syafruddin menggenggam tangan mereka, kemudian menciumnya.

Baca juga: Jadi Menpan-RB, Syafruddin Diharapkan Bersihkan Lingkungan PNS dari Korupsi  

Pengamatan Kompas.com, hanya Jusuf Kalla, Mufidah, dan Megawati yang tangannya dicium oleh Syafruddin ketika bersalaman.

Diketahui, Presiden Jokowi melantik Syafruddin sebagai Menteri PAN-RB pada Rabu pagi. Ia menggantikan Asman Abnur yang mengundurkan diri karena PAN, partai politik tempatnya bernaung, tidak lagi mendukung Jokowi pada Pemilu 2019.

Pelantikan Syafruddin dilaksanakan di Istana Negara didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 142P Tahun 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Kabinet Kerja dalam sisa masa jabatan periode 2014-2019.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X