Jadi Menpan-RB, Syafruddin Diharapkan Bersihkan Lingkungan PNS dari Korupsi  

Kompas.com - 15/08/2018, 10:58 WIB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin.Fabian Januarius Kuwado Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin.

JAKARTA, KOMPAS.com – Anggota Komisi III DPR Ahmad Sahroni mendukung terpilihnya Wakapolri Komjen Syafruddin sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) menggantikan Asman Abnur.

Politisi NasDem ini menilai, sebagai perwira tinggi kepolisian Syafruddin terbilang sosok yang bersih. Pengalamannnya sebagai Wakapolri yang memiliki peran mengatur sumber daya manusia di institusi Polri merupakan salah satu gambaran jelas prestasinya.

“Syafruddin sosok yang bersih dan berpengalaman mengatur institusi besar dengan jabatannya sebagai Wakapolri. Kita berharap dan yakin Syafruddin mampu meneruskan pekerjaan yang belum terselesaikan oleh Asman terkait reformasi birokrasi khususnya di lingkungan aparatur negara,” kata Sahroni saat menghadiri pelantikan Syafruddin di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Baca juga: Komjen Syafruddin, Mantan Ajudan Jusuf Kalla yang Jadi Menteri PAN-RB


Sahroni berharap dengan pengetahuan di bidang hukum, syafruddin diharapkan mampu menjadikan para PNS menjadi lebih bersih, khususnya dari kasus korupsi.

Sahroni mengakui bahwa perilaku koruptif di lingkungan PNS saat ini masih menjadi soal yang belum bisa terselesaikan.

Indonesian Corruption Watch sebelumnya merilis data yang menyebutkan PNS di Pemerintah Daerah menjadi aktor pelaku korup terbanyak selama tahun 2017.

Sedikitnya ada 456 PNS di daerah yang terjerat kasus korupsi di tahun 2017, meningkat drastis dari tahun 2016 dengan angka yang terkena kasus korupsi sebanyak 217 PNS.

“Berbekal pengalaman Syafruddin sebagai penegak hukum, kita berharap para aparatur negara di bawah kepemimpinannya akan lebih bersih. Jangan lagi ada PNS yang terlibat kasus korupsi, dan reformasi birokrasi akan berjalan lebih baik,” kata Sahroni.

Baca juga: Syafruddin Resmi Jabat Menteri PAN-RB

Syafruddin dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Menpan-RB di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/8/2018) pagi. Ia menggantikan Asman Abnur yang mengundurkan diri dari kabinet kerja.

Adapun Asman Abnur memilih mundur karena partainya, PAN, memilih mengusung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa di Pilpres 2019. Asman mengaku tidak mau menjadi beban bagi Jokowi dan pemerintah.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


PenulisIhsanuddin
EditorKrisiandi

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X