Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/08/2018, 21:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengungkap sejumlah alasan mengapa ia bertemu Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam waktu berdekatan. 

Zulkifli bertemu Jokowi di Istana Negara, selang beberapa jam kemudian Prabowo menemuinya di rumah dinas Ketua MPR di Widya Chandra, Jakarta Selatan, Selasa (7/8/2018). 

Menurut Zulkifli, dia ingin Jokowi dan Prabowo bertemu untuk meyakinkan publik bahwa kontestasi Pilpres 2019 bisa berjalan kondusif.

Baca juga: Usai Temui Jokowi, Zulkifli Hasan Didatangi Prabowo

"Bahkan saya sampaikan ke Pak Presiden dan Pak Prabowo, bagus kalau dua kandidat bisa ketemu. Bahwa ini pertandingan tentang kita, bukan saling menghabisi," kata Zulkifli dalam program Satu Meja The Forum di Kompas TV, Rabu (8/8/2018) malam.

Zulkifli berharap kontestasi politik jangan sampai menghalalkan segala cara untuk menyingkirkan satu sama lain.

Menurut dia, pertemuannya dengan Jokowi dan Prabowo juga menjadi pesan kepada publik untuk tak mengotori Pilpres 2019 dengan ujaran kebencian dan hoaks.

"Tujuannya saya mengajak kita semua apakah kandidat dan timses jangan mengotori dengan politik kebencian, SARA. Kita ini keluarga besar," katanya.

Baca juga: Zulkifli Hasan: PAN di Jalan yang Lurus, Tidak di Persimpangan

Ia menilai pada dasarnya butuh perjuangan yang keras untuk membangun kedewasaan politik di Indonesia. Zul berharap, Pemilu 2019 bisa menjadi momentum meningkatkan kematangan demokrasi di Indonesia.

"Saya meyakini masa yang akan datang akan lebih baik. Semoga percepatan demokrasi kita lebih matang dan bertanggungjawab," kata dia.

Kompas TV PAN masih membuka kemungkinan dukungan baik ke Prabowo maupun Jokowi.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.