Kata Moeldoko, Ada 4 Syarat Untuk Jadi Cawapres Jokowi

Kompas.com - 10/07/2018, 17:40 WIB
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dalam diskusi Menuntaskan Pembangunan Untuk Seluruh Indonesia yang digelar Universitas Indonesia dan Aliansi Kebangsaan di Jakarta, Selasa (10/7/2018). KOMPAS.com/IhsanuddinKepala Staf Kepresidenan Moeldoko dalam diskusi Menuntaskan Pembangunan Untuk Seluruh Indonesia yang digelar Universitas Indonesia dan Aliansi Kebangsaan di Jakarta, Selasa (10/7/2018).
Penulis Ihsanuddin
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menilai ada empat kriteria yang wajib dimiliki oleh calon wakil presiden yang akan mendampingi Presiden Joko Widodo di Pilpres 2019.

Hal ini disampaikan Moeldoko dalam diskusi "Menuntaskan Pembangunan untuk Seluruh Indonesia" yang digelar Universitas Indonesia dan Aliansi Kebangsaan di Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Moeldoko menjawab pertanyaan dari moderator Effendi Ghozali. Effendi mengaku mendapat titipan pertanyaan dari salah satu peserta.

"Menurut Pak Moeldoko, kriteria calon wakil presiden untuk Pak Jokowi itu seperti apa, Pak?" kata Effendi.


Baca juga: Moeldoko Tegaskan Tak Ingin Berspekulasi Terkait Pencalonannya di Pilpres

Moeldoko tampak terkejut mendapatkan pertanyaan itu. Ia sempat terdiam sejenak sebelum menjawab.

"Setidaknya ada empat hal yang harus dimiliki pemimpin," kata Moeldoko.

Pertama, calon wakil presiden bagi Jokowi, menurut Moeldoko, harus memiliki integritas yang tinggi. Selanjutnya, ia juga harus memiliki kapabilitas atau kemampuan.

"Harus punya kapabilitas untuk manage sebuah negara," kata Moeldoko yang juga sempat masuk dalam bursa cawapres pendamping jokowi. 

Baca juga: Moeldoko Ingin Mundur dari Hanura

Ketiga, Moeldoko juga menilai cawapres Jokowi harus memiliki kesetiaan kepada negara. Ia harus mementingkan kepentingan negara dibandingkan urusan lainnya.

"Bahkan sama istrinya juga, 'eh udah sana dulu lu, gua lagi mikirin negara nih'," kata Moeldoko disambut tawa hadirin.

Terakhir, Moeldoko juga menilai cawapres Jokowi harus mempunyai akseptabilitas. Ia harus bisa diterima oleh mayoritas masyarakat Indonesia.

Kendati demikian, Moeldoko menekankan bahwa empat kriteria tersebut hanya pendapatnya pribadi. Sementara untuk kriteria resmi cawapres Jokowi, menurut dia, harus dibicarakan bersama dalam forum.

"Saya pikir saya harus konsultasi dengan forum. Kalau lewat Forum lebih bagus," kata mantan Panglima TNI ini tanpa menjelaskan lebih jauh forum yang dimaksud.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X