Amien Rais Sebut PAN Akan Usung Prabowo, Sekjen Anggap Itu Masukan

Kompas.com - 27/04/2018, 15:27 WIB
Sekretaris Jenderal DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Eddy Soeparno masih enggan mengungkapkan apakah partainya akan mendukung Joko Widodo dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2019 mendatang. Jakarta, Jumat (13/10/2017). KOMPAS.com/ MOH NADLIR Sekretaris Jenderal DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Eddy Soeparno masih enggan mengungkapkan apakah partainya akan mendukung Joko Widodo dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2019 mendatang. Jakarta, Jumat (13/10/2017).
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional Eddy Soeparno mengatakan, pernyataan Ketua Dewan kehormatan PAN Amien Rais soal partainya yang akan mengusung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden masih sebatas masukan.

Sebab, menurut Eddy, pengambilan keputusan terkait arah dukungan PAN pada Pilpres 2019 akan ditentukan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas).

"Tentu masukan dan pandangan Pak Amien akan menjadi pertimbangan serius dan berharga dalam menentukan arah politik kami di Pilpres 2019," kata Eddy melalui pesan singkat, Jumat (27/4/2018).

Ia menambahkan, semua masukan dari elemen partai terkait penentuan arah dukungan di Pilpres 2019 tentu akan ditampung dan dibahas di Rakernas.

(Baca juga: Amien Rais Bilang PAN Dukung Prabowo, PDI-P Anggap Bukan Sikap Resmi)

Apalagi, kata Eddy, Amien merupakan pendiri PAN. Tentunya, sebagai pendiri PAN saran Amien akan didengar dan dibahas oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

"Saya selaku pengelola partai akan menghimpun seluruh masukan dari tokoh senior partai, akar rumput dan konstituen sebagai input penting dalam Rakernas yang akan datang," ujar Eddy.

"Rakernas PAN adalah forum pengambilan keputusan tertinggi setelah Kongres dan di forum tersebut kami akan bermusyawarah dan bermufakat untuk menetapkan sikap politik PAN di tahun 2019," kata dia.

Amien sebelumnya meyakini PAN bakal bergabung bersama Partai Gerindra dan PKS untuk mengusung Prabowo.

"Saya kira enggak ada jalan lain," kata Amien saat ditanya apakah PAN bakal mengusung Prabowo sebagai capres di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (26/4/2018).

(Baca: Merasa Lebih Tahu Partai dari Zulkifli Hasan, Amien Rais Yakin PAN Dukung Prabowo)

Saat ditanya sikap Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang masih membuka opsi untuk merapat ke kubu Presiden Joko Widodo, Amien menjawab bahwa dirinya lebih tahu soal partai daripada Zukifli.

Ia mengatakan, seluruh kader PAN di daerah tak berkenan untuk mengusung Jokowi pada Pemilu Presiden atau Pilpres 2019.

"No, no. Saya lebih tahu dari Pak Zul. Maaf, karena saya mendirikan. Saya keliling ke mana-mana. Umat PAN di bawah emoh (tak mau) Jokowi, titik. Pak Zul bermanuver itu hanya sandiwara saja, yah," ucap Amien.

Baca tentang
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X