Mensesneg Pimpin Tim Internal Jaring Cawapres Jokowi

Kompas.com - 12/03/2018, 12:31 WIB
Menteri Sekretariat Negara Pratikno. Fabian Januarius KuwadoMenteri Sekretariat Negara Pratikno.
Penulis Ihsanuddin
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Sekretaris Negara Pratikno memimpin tim internal untuk mencari calon wakil presiden mendampingi Presiden Joko Widodo di pilpres 2019 mendatang.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua DPP PDI-P Hendrawan Supratikno.

"Kan memang Pak Pratikno dianggap orang yang paling dekat, paling dipercaya, orang kampus, sehingga kalau orang kampus dianggap imparsial, tidak mudah berpihak," kata Hendrawan kepada Kompas.com, Senin (12/3/2018).

(Baca juga: Jokowi Punya Tim Internal untuk Godok Cawapres)

"Dan informasi sensitif tidak diperdagangkan diperjualbelikan antar parpol," tambah dia.

Hendrawan mengatakan, boleh-boleh saja Jokowi membentuk tim internal untuk menjaring calon wakil presiden yang akan mendampinginya.

Namun, menurut dia, partai politik pendukung Jokowi termasuk PDI-P saat ini juga masih terus menjaring siapa calon yang tepat untuk mendampingi Jokowi di periode kedua.

Hendrawan menegaskan, keputusan akhir terkait siapa pendamping Jokowi tetap ada di parpol sebagaimana yang telah diamanatkan dalam konstitusi.

"Di UUD 1945 yang berhak mencalonkan pasangan capres dan cawapres itu adalah partai politik. Jadi dengan pasal di UUD seperti itu, parpol sudah melewati babak kualifikasi dan langsung memasuki babak semi final," kata Hendrawan.

"Kalau ada tim lain yang dibentuk itu pasti masih babak kualifikasi," tambah dia.

(Baca juga: Jokowi: Makin Banyak Calon untuk Cawapres Makin Bagus)

 

Presiden Jokowi sebelumnya mengakui ia sudah mempunyai tim internal untuk Pemilu Presiden 2019.

Tim saat ini tengah bekerja untuk menggodok siapa calon wakil presiden yang tepat untuk mendampingi Jokowi di periode kedua.

"( Cawapres) masih dalam proses, baru penggodokan, pematangan, baik partai-partai maupun tim internal saya," kata Jokowi di Cikarang, Selasa (27/2/2018).



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X