KPU: JR Saragih-Ance Selian Tidak Penuhi Syarat Maju Pilkada Sumut - Kompas.com

KPU: JR Saragih-Ance Selian Tidak Penuhi Syarat Maju Pilkada Sumut

Kompas.com - 12/02/2018, 17:00 WIB
Bakal calon Gubernur Sumatera Utara, JR Saragih, usai melaksanakan tes kesehatan di hari pertama, di RSUP Dr Adam Malik, Medan, Kamis (11/1/2018).Tribun Medan/M Fadli Bakal calon Gubernur Sumatera Utara, JR Saragih, usai melaksanakan tes kesehatan di hari pertama, di RSUP Dr Adam Malik, Medan, Kamis (11/1/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum ( KPU) terus memantau penetapan calon kepala daerah oleh KPU tingkat provinsi.

Kejutan terjadi di Sumatera Utara (Sumut). Dari tiga pasangan yang mendaftarkan diri, hanya dua pasangan yang dinyatakan memenuhi syarat sebagai peserta Pilkada 2018.

"Sumut cuma dua yang memenuhi syarat jadi pasangan. JR Saragih- Ance Selian tidak memenuhi syarat," ujar Komisioner KPU Ilham Saputra di Jakarta, Senin (11/2/2018).

Baca juga: Dua Pasangan Calon di Pilkada Sumut, JR Saragih-Ance Tak Lolos

Ia mengatakan, keputusan itu adalah keputusan sah KPUD Sumut berdasarkan hasil penelitian dan verifikasi yang dilakukan kepada berkas pasangan calon.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum RI (KPU) Ilham Saputra di Jakarta, Rabu (31/1/2018).KOMPAS.com/ESTU SURYOWATI Komisioner Komisi Pemilihan Umum RI (KPU) Ilham Saputra di Jakarta, Rabu (31/1/2018).
Saat ditanya penyebab gugurnya pasangan JR Saragih-Ance Selian, Ilham mengaku belum mendapatkan laporan lengkap dari KPUD Sumut. Meski begitu keputusan itu sudah final.

Seperti dikutip dari Tribun Medan, penyebab JR Saragih tak lolos verifikasi KPU yakni terkait dengan berkas fotokopi ijazah atau surat tanda tamat belajar (STTB).

JR Saragih-Ance Selian didukung oleh koalisi tiga partai yaitu Partai Demokrat (14 kursi di DPRD), PKB (3 kursi), dan PKPI (3 kursi).

Baca juga : JR Saragih: Serahkan Semuanya kepada Tuhan

Sementara itu, dua pasangan calon yang dinyatakan lolos oleh KPUD Sumut yaitu Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus dan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah.

Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sotorus didukung oleh koalisi PDI-P dengan 16 kursi di DPRD Sumut dan PPP yang memiliki 4 kursi.

Sementara itu Edy Rahmayadi - Musa Rajekshah didukung oleh koalisi enam partai. Mereka adalah Golkar (17 kursi), Gerindra (13 kursi),

PKS (9 kursi), PAN (6 kursi), dan Nasdem (5 kursi).

Kompas TV Bakal calon Gubernur Sumatera Utara, JR Saragih, yang juga merupakan Bupati Simalungun, dilepas secara adat oleh masyarakat Simalungun.



Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X