Kompas.com - 06/02/2018, 16:27 WIB
Jumpa pers di kantor KontraS terkait kunjungan Komisioner Tinggi HAM PBB Zeid Raad Al Husein ke Indonesia, Selasa (6/2/2018) Kompas.com/Robertus BelarminusJumpa pers di kantor KontraS terkait kunjungan Komisioner Tinggi HAM PBB Zeid Raad Al Husein ke Indonesia, Selasa (6/2/2018)
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) mengapresiasi Komisioner Tinggi Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Zeid bin Ra'ad Zeid Al-Hussein yang menyinggung soal HAM di Indonesia, termasuk terkait isu  lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT).

Pelaksana Desk Advokasi Internasional KontraS Fatia Maulidiyanti mengatakan, apa yang dilakukan Zeid merupakan pencapaian positif untuk mencegah diskriminasi terhadap LGBT.

"Ketika kami dapat kabar seperti ini, kami bisa bilang, ini juga merupakan suatu pencapaian yang bagus," kata Fatia, di kantor KontraS, Jakarta, Selasa (6/2/2018).

Fatia mengatakan, kelompok LGBT di Indonesia rentan mengalami diskriminasi dan kriminalisasi.

Baca juga: Bertemu Jokowi, Komisioner Tinggi HAM PBB Minta LGBT Tak Didiskriminasi

Apalagi, jika melihat pasal-pasal dalam revisi Kitab Undang-Undang Hukum Pidana yang tengah dibahas pemerintah dan DPR.

Dia mencotohkan, di Aceh terjadi persekusi yang dialami oleh waria.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"LGBT sangat-sangat kelompok yang rentan untuk dikriminalisasi di Indonesia mengingat RKUHP akan memidanakan perilaku LGBT," ujar Fatia.

Tak hanya soal LGBT, Fatia berharap, Zeid menyoroti sekaligus memberikan dorongan kepada pemerintah untuk menyelesaikan kasus-kasus HAM masa lalu di Indonesia.

"Bisa membuat suatu poin kayak statement yang clear bahwa UN itu ada bersama masyarakat sipil, dan Pemerintah Indonesia, mendorong pemajuan HAM secara keseluruhan, secara case by case," ujar Fatia.

Singgung soal diskriminasi LGBT

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.