Elektabilitas di Bawah 50 Persen, Posisi Jokowi Belum Aman

Kompas.com - 02/02/2018, 16:04 WIB
Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas membahas proyek LRT Jakarta dan Palembang di Kantor Presiden, Senin (6/2/2017). Fabian Januarius KuwadoPresiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas membahas proyek LRT Jakarta dan Palembang di Kantor Presiden, Senin (6/2/2017).
Penulis Moh. Nadlir
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis data elektabilitas bakal calon presiden dan calon wakil presiden untuk Pemilu Presiden 2019.

Hasilnya, setahun menjelang Pilpres 2019, elektabilitas Presiden Joko Widodo masih unggul atas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto atau calon lainnya.

" Elektabilitas Jokowi sebagai petahana masih tertinggi dibanding capres lainnya. Namun posisi elektabilitasnya belum aman," ujar peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfarabi di kantornya, Jakarta, Jumat (2/2/2018).

Elektabilitas Jokowi di bawah angka 50 persen, yakni pada angka 48.50 persen. Sedangkan, sebesar 41.20 persen dukungan lainnya menyebar ke bakal capres lain.

"Sebesar 10.30 persen belum menentukan pilihan," kata dia.

(Baca juga: Survei Kompas: Elektabilitas Jokowi Meningkat, Prabowo Menurun)

Meski elektabilitas belum aman, tetapi kepuasan publik terhadap kinerja Pemerintahan Jokowi angkanya masih di atas 70 persen.

Angka publik yang sangat puas terhadap kinerja Jokowi sebesar 9.30 persen, cukup puas 65.60 persen. Total angka kepuasan publik atas kinerja Jokowi sebesar 74.90 persen.

"Sementara ada 21.30 persen publik yang menyatakan kurang puas," kata dia.

Hasil elektabilitas Jokowi itu didapat dari survei yang digelar LSI Denny JA pada 7-14 Januari 2018 dengan 1.200 responden. Wawancara dilakukan secara serentak dan tatap muka di 34 provinsi di Indonesia.

Responden dipilih berdasarkan multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2.9 persen.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X