Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditinggal PAN di Pilkada Jawa Barat, Demokrat Optimistis Menang

Kompas.com - 10/01/2018, 13:05 WIB
Rakhmat Nur Hakim

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto optimistis partainya bisa menang meski ditinggal oleh beberapa partai yang awalnya berniat mendukung Deddy Mizwar di Pilkada Jawa Barat. Salah satunya PAN.

"Insya Allah (menang)," kata Agus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (10/1/2018).

Agus meyakini pasangan calon Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi bisa unggul di Pilkada Jawa Barat menghadapi tiga pasangan calon lainnya yakni Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi, dan Sudrajat Syaikhu.

Ia menilai wajar bila PAN akhirnya memilih bersama PKS dan Gerindra untuk mengusun Sudrajat-Ahmad Syaikhu sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Jawa Barat sebab koalisi memang bersifat cair.

Baca juga : Alihkan Dukungan, PAN Minta Maaf ke Deddy Mizwar

Agus menambahkan, setiap partai pastinya menginginkan pasangan calon yang diusung menang di pilkada Jawa Barat.

Oleh karena itu, meski sempat menjalin komunikasi intensif dengan PAN, Demokrat tak ambil pusing ditinggal PAN di detik-detik akhir pendaftaran.

"Kalau kami tentunya dari awal konsisten bahwa kami sudah mendukung Pak Deddy Mizwar. Untuk itu kami tetap mendukung dan tak terpengaruh dengan apapun. Tidak terpengaruh yang lain. Misalnya ada yang mendaftar ke yang lain," lanjut dia.

Baca juga : PAN Batal Dukung Deddy Mizwar, Golkar Anggap Tak Signifikan

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengatakan partainya akan berkoalisi dengan Gerindra dan Partai Keadilan Sejahterea (PKS) dalam Pilkada Jawa Barat 2018. Dengan demikian PAN resmi mengusung pasangan Mayjen TNI (Purn) Sudrajat dan Muhammad Syaikhu.

"PAN memutusakan akan berkoalisi dengan Gerindra dan PKS yaitu mengusung Sudrajat dan Syaikhu di Pilkada Jabar," ujar Zulkifli saat memberikan keterangan pers di DPP PAN, Senopati, Jakarta Selatan, Selasa (9/1/2018).

Kompas TV Berikut tiga berita terpopuler versi KompasTV hari ini.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com