Kompas.com - 27/10/2017, 15:53 WIB
Penulis Ihsanuddin
|
EditorSabrina Asril

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo dan Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono tidak menggelar jumpa pers usai pertemuan, Jumat (27/10/2017).

Awalnya, wartawan dipersilakan untuk mengambil gambar pertemuan SBY dan Jokowi di Beranda Istana Merdeka, sekitar pukul 14.08 WIB. Pertemuan tersebut berlangsung mendadak, tak ada di jadwal resmi Jokowi.

Tak terdengar apa yang diperbincangkan. Sesekali di tengah pembicaraan, keduanya tertawa akrab.

Setelah sekitar 90 menit menunggu pertemuan selesai digelar, awak media pun mendapat kabar bahwa tidak akan ada keterangan yang diberikan oleh Jokowi dan SBY. SBY juga sudah meninggalkan Istana.

(Baca: SBY Mendadak Temui Jokowi di Istana, Apa yang Dibahas?)

"Tidak ada jumpa pers," kata salah satu staf biro pers Istana.

Kondisi ini berbeda dibanding saat SBY menemui Jokowi di Istana, Maret lalu. Saat itu, usai pertemuan, Jokowi dan SBY memberikan keterangan bersama-sama kepada media.

(Baca: SBY Ancam Keluarkan Petisi Politik jika Pemerintah Tak Revisi UU Ormas)

Saat itu, SBY memastikan tidak ada lagi miskomunikasi dengan Presiden Joko Widodo. Sebab, ia mengaku sudah menjelaskan berbagai hal yang selama ini menjadi sumber miskomunikasi antara dirinya dengan Jokowi.

"Insya Allah, Insya Allah, saya senang sekali saya bisa menjelaskan, beliau mendengar dengan seksama. Saya juga mendengar dari beliau," kata SBY dalam jumpa pers bersama Presiden Jokowi, di Teras Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (9/3/2017).

Kompas TV Selain bertemu Presiden Jokowi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya Sandiaga Uno juga menemui BJ Habibie.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.