Kompas.com - 08/06/2017, 12:32 WIB
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melaporkan hasil kunjungannya ke Nigeria kepada Presiden Joko Widodo, Kamis (8/6/2017).

Salah satu yang dilaporkan Retno adalah banyak produk Indonesia yang menguasai pasar Nigeria. Salah satunya mie instan.

"Saya kasih contoh kepada Pak Presiden, mie instan. Tapi kemasannya gede sekali. Mereka (warga Nigeria) kalau makan mie kita bisa sampai dua bungkus," ujar Retno, seusai bertemu Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Kamis siang.

Selain soal penguasaan produk Indonesia di Nigeria, Menlu Retno juga melaporkan perkembangan penjualan gerbong kereta api milik PT Inka kepada Nigeria.

Baca: Produk Indonesia Sulit Masuk Afrika, Menlu Akan ke Nigeria

Khusus mengenai gerbong kereta api itu, Pemerintah Indonesia mendorong pola kerja sama secara langsung, tanpa perantara atau pihak ketiga.

"Kami berusaha melakukan 'direct trip'. Karena selama ini banyak sekali perdagangan yang kita lakukan dengan Nigeria, namun dilakukan melalui pihak ketiga. Kami ingin perdagangan yang sifatnya langsung," ujar Retno.

Menurut Retno, secara umum, kunjungannya ke Nigeria cukup positif. 'Pekerjaan Rumah' yang harus dilaksanakan, di antaranya, sejumlah kementerian diharapkan langsung menindaklanjuti kerja sama yang sudah terbangun baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.