Soal Pertemuan Jokowi-SBY, Wiranto Sebut Bisa Kapan Saja

Kompas.com - 18/11/2016, 13:18 WIB
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto saat ditemui di gedung Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional, Jakarta Pusat, Rabu (9/11/2016). Kristian ErdiantoMenteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto saat ditemui di gedung Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional, Jakarta Pusat, Rabu (9/11/2016).
Penulis Ihsanuddin
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan, pertemuan politik antara pimpinan negara dengan tokoh nasional lain dapat dilakukan kapan saja.

Hal tersebut disampaikan Wiranto saat ditanya kemungkinan Presiden Joko Widodo bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono untuk membicarakan situasi politik saat ini.

"Pertemuan politik bisa dilakukan kapan saja, karena kita sebagai bangsa yang sedang membangun, sedang punya kerja," kata Wiranto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (18/11/2016).

Wiranto menegaskan bahwa situasi politik saat ini sudah dingin setelah Bareskrim Polri memenuhi tuntutan publik untuk memproses hukum calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang dianggap menistakan agama.


Namun, menurut Wiranto, para tokoh politik sebaiknya tetap menjalankan komunikasi di setiap kondisi. Pertemuan politik tidak selalu harus menunggu situasi memanas.

"Selama tokoh politik mempunyai tanggung jawab yang sama tentang negeri ini, punya pemahaman yang sama tentang bagaimana kita merawat negeri ini, saya kira tidak akan ada panas kok," kata dia.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Roy Suryo sebelumnya mengatakan, partainya menunggu kabar baik dari Presiden Joko Widodo jika ingin mengundang atau bertemu dengan Yudhoyono yang juga presiden keenam RI.

"Posisinya Pak SBY atau Cikeas wait and see. Menunggu sinyal atau kabar baik. Kami siap kapan saja. TIdak ada rintangan sekecil apapun dari Pak SBY," ujar Roy, saat dihubungi, Jumat.

(Baca: Jokowi Makan Siang dengan Prabowo, Demokrat Tunggu Kabar Baik dari Istana untuk SBY)

Pernyataan Roy menanggapi pertemuan Jokowi dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Istana Merdeka, Kamis (17/11/2016).

Akhir pekan lalu, Jokowi juga sempat hadir dalam acara partai politik, di antaranya dihadiri petinggi Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Amanat Nasional.

Roy mengatakan, sebagai presiden keenam yang menjabat selama dua periode, SBY pasti memiliki saran dan masukan yang bisa diberikan untuk Jokowi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X