Kompas.com - 08/11/2016, 19:49 WIB
Penulis Ihsanuddin
|
EditorKrisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menegaskan, pihaknya akan terus menyelidiki sosok aktor politik yang menunggangi kerusuhan dalam aksi unjuk rasa pada Jumat (4/11/2016) pekan lalu.

Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan menggali keterangan dari perusuh yang sudah ditangkap.

"Nanti kita akan cek lah dari tersangka-tersangka yang ditangkap kemarin," kata Tito di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (8/11/2016).

(Baca: Jokowi Sebut Aktor Politik 4 November Akan Diungkap dan Diproses Hukum)

Sejauh ini, polisi sudah menangkap 5 orang yang diduga melakukan kerusuhan saat aksi unjuk rasa untuk menuntut proses hukum terhadap calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Kelimanya adalah anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), yakni II, AJ, RM, RR, dan MRD.

Setelah menjalani pemeriksaan, kelimanya sudah ditetapkan sebagai tersangka. Kapolri belum mau membuka apakah kepolisian sejauh ini sudah mengantongi nama-nama yang diduga sebagai aktor politik.

"Saya belum mau komen sebelum penyelidikan selesai," kata Tito.

Adanya keterlibatan aktor politik yang menunggangi kerusuhan 4 November pertama kali diungkapkan Presiden Joko Widodo pada Sabtu (5/11/2016) dini hari.

(Baca: Jokowi: Kerusuhan Usai Demo 4 November Ditunggangi Aktor Politik)

Presiden memastikan aktor politik tersebut akan diungkap dan diproses hukum apabila kepolisian sudah mengantongi bukti yang cukup.

Kompas TV Mengungkap Aktor Politik Demo 4 November (Bag 2)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.