RAPP Akui Buka Kanal tetapi Bukan untuk Keringkan Gambut

Kompas.com - 09/09/2016, 13:33 WIB
Pernyataan pers pihak PT RAPP dan Kementerian LHK, serta Badan Restorasi Gambut, soal penghadangan rombongan BRG di Meranti, Jumat (9/9/2016). KOMPAS.com/LUTFY MAIRIZALPernyataan pers pihak PT RAPP dan Kementerian LHK, serta Badan Restorasi Gambut, soal penghadangan rombongan BRG di Meranti, Jumat (9/9/2016).
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Direkrut PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Tony Wenas mengakui adanya pembuatan kanal yang dilakukan RAPP di daerah di Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.

Ia mengatakan, kanal itu digunakan sebagai embung air.

"Jadi memang ada pembukaan (kanal), untuk sekat bakar, embung air," kata Tony, pada konferensi pers di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta, Jumat (9/9/2016).

Namun, pembangunan kanal itu bukan bertujuan untuk mengeringkan lahan gambut seperti yang dikeluhkan warga.

"(Kanal) sebagai bagian dari pencegahan kebakaran hutan," ujar Tony.

(Baca: BRG Sepakat Hentikan Sementara Aktivitas di Lahan Berkonflik)

Sidak BRG

Sebelumnya, Badan Restorasi Gambut (BRG) melakukan inspeksi mendadak (sidak) bersama masyarakat setempat untuk menemukan aktivitas pembukaan gambut.

Sidak dilakukan untuk merespons pengaduan warga desa Bagan Melibur terkait pembangunan sejumlah kanal dan pembukaan gambut oleh perusahaan tersebut.

Laporan diterima BRG pada 10 Juni 2016.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X