Kompas.com - 03/08/2016, 19:19 WIB
|
EditorSabrina Asril

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land Ariesman Widjaja mengakui bahwa permintaan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta soal tambahan kontribusi 15 persen sangat memberatkan pengembang reklamasi.

Menurut Ariesman, saat perjanjian kerja sama antara pengembang dan Pemprov DKI soal tambahan kontribusi disepakati, belum ada besaran angka sebesar 15 persen. Hal itu dikatakan Ariesman saat menjadi saksi bagi terdakwa Trinanda Prihantoro, yang merupakan asisten Ariesman.

"Sebagai pengusaha pasti berat, tapi kalau itu diminta Pemda, ya kami jalankan saja. Waktu tanda tangan dengan Gubernur hanya sempat dibilang Rp 1-2 juta per meter persegi," ujar Ariesman kepada Hakim di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (3/8/2016).

(Baca: Ahok Berang Disudutkan Pegawai DKI soal Kontribusi Tambahan 15 Persen)

Meski demikian, Arisman membantah bahwa uang yang diberikan kepada anggota DPRD DKI Jakarta, Mohamad Sanusi, terkait dengan tambahan kontribusi 15 persen.

Menurut Ariesman, pihak Agung Podomoro Land tidak mempersoalkan besaran tambahan kontribusi sebesar 15 persen, meski cukup memberatkan.

(Baca: Penjelasan Ahok soal Payung Hukum Tentukan Tambahan Kontribusi)

Dia mengaku, dalam pembahasan soal rancangan peraturan daerah tentang reklamasi, ihanya menugaskan asistennya untuk memantau agar isi perda selaras dengan hal-hal teknis yang direncanakan pengembang.

Selain itu, menurut Ariesman, perjanjian mengenai tambahan kontribusi yang dibuat di awal, sebagian telah dipenuhi oleh PT Agung Podomoro Land. Misalnya, perbaikan jalan inspeksi dan pembangunan rumah susun.

Kompas TV Kontribusi 15% Beri 48 Triliun/Tahun untuk DKI
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.