Ini Penyebab Tiga Anggota KPK yang Ditangkap Polisi Dicurigai Teroris

Kompas.com - 22/02/2016, 20:32 WIB
Pelaksana Harian Kepala Biro Humas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yuyuk Andriati, di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (22/2/2016). KOMPAS.com/ABBA GABRILLINPelaksana Harian Kepala Biro Humas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yuyuk Andriati, di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (22/2/2016).
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com — Tiga anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang ditangkap personel Polres Jakarta Utara sempat diduga sebagai teroris.

Ketiganya dicurigai lantaran menunjukkan sikap aneh dengan terus-menerus berkeliling di sekitar lokasi penangkapan mereka.

Pelaksana Harian Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati menjelaskan bahwa ketiga anggota KPK tersebut, saat ditangkap, sebenarnya sedang melakukan kegiatan tertutup yang sesuai dengan tugasnya di KPK.

Meski demikian, perilaku ketiganya ternyata mengundang kecurigaan kepolisian yang tengah meningkatkan pengamanan terhadap aksi terorisme.

"Info yang saya dapatkan, tim ini mondar-mandir dalam beberapa hari. Polisi mencurigai karena sedang ada peningkatan kewaspadaan teroris," kata Yuyuk di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (22/2/2016).

Yuyuk menambahkan, setelah informasi penangkapan diketahui, pihak KPK segera melakukan koordinasi dengan pihak Polres Jakarta Utara.

Polisi kemudian sepakat untuk membebaskan ketiganya malam ini. (Baca: Polisi Sempat Tahan 3 Anggota KPK di Mangga Dua)

Menurut Yuyuk, ketiganya adalah anggota Deputi Bagian Pengumpulan Informasi KPK.

Karena tugas ketiganya bersifat tertutup, Yuyuk tidak dapat menjelaskan secara detail mengenai informasi yang sedang dikumpulkan oleh ketiganya.

"Kami anggap ini sudah selesai karena sudah dibebaskan, tapi kegiatan (pengumpulan informasi) akan tetap berlangsung," kata Yuyuk.

(Baca: Tiga Anggota KPK Sempat Dikira Teroris Saat Diamankan, Ini Kronologinya)

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X