Soeharto, dari Kemusuk ke Giribangun

Kompas.com - 27/01/2016, 07:07 WIB
Upacara pemakaman almarhum mantan Presiden Soeharto di pemakaman keluarga Astana Giribangun, Karanganyar, Jawa Tengah, Senin (28/1/2008), dilaksanakan dengan upacara militer. Bertindak selaku inspektur upacara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. KOMPAS/ALIF ICHWANUpacara pemakaman almarhum mantan Presiden Soeharto di pemakaman keluarga Astana Giribangun, Karanganyar, Jawa Tengah, Senin (28/1/2008), dilaksanakan dengan upacara militer. Bertindak selaku inspektur upacara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
EditorBayu Galih

Pengantar redaksi:

Hari ini, tepat delapan tahun lalu, presiden kedua RI Muhammad Soeharto berpulang. Memperingati sewindu peristiwa tersebut, redaksi Kompas.com menayangkan artikel-artikel dari harian Kompas pada masa itu terkait sosok penguasa Orde Baru tersebut.

* * * * *

Ukuran hidup manusia, bertahan hingga lebih dari 80 tahun jelas sebuah anugerah. Tidak terbayangkan berapa banyak pengalaman yang dikecap oleh Soeharto. Apalagi, saat berkuasa selama 31 tahun di negeri berpenduduk lebih dari 250 juta jiwa ini.

Berikut ini perjalanan Soeharto semasa hidup sebagaimana dirangkum dan ditayangkan Kompas edisi 28 Januari 2008 halaman 14.


Teks: MG RETNO SETYOWATI, SULTANI, IGN KRISTANTO/LITBANG KOMPAS

Sumber: Dokumentasi Kompas (1965-2007) • Anak Desa, Biografi Presiden Soeharto (O.G. Roeder, 1975) • Anugerah Jenderal Besar TNI kepada Putera Terbaik Bangsa, Mabes ABRI 1998 • Britannica • Wikipedia • Depkominfo

Baca tentang


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X