Kompas.com - 16/12/2014, 21:07 WIB
Penulis Icha Rastika
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta aparat pemerintah untuk segera menindaklanjuti setiap temuan Badan Pemeriksa Keuangan. Menurut dia, masih ada bupati dan gubernur yang tidak menindaklanjuti temuan BPK, padahal menurut temuan tersebut ada potensi penyimpangan.

"Ada bupati, gubernur yang memang masih menindaklanjuti dengan tidak serius. Padahal ini kalau tidak diselesaikan akan menjadi masalah," kata Jokowi saat menghadiri rapat kerja pelaksana BPK di Gedung BPK, Jakarta, Selasa (16/12/2014) malam.

Kepala Negara lalu mengingatkan pentingnya peran BPK dalam mengontrol program pemerintah. "Pelaksanaan baik, pemeriksaan baik, Insya Allah semua akan jadi baik," tutur Jokowi.

Ke depannya, kata Jokowi, pemerintah akan membangun sistem yang mempermudah BPK melakukan pengecekan.

Sedangkan Kepala BPK Harry Azhar Azis menyampaikan, pihaknya akan meningkatkan peran BPK dalam mengawal program-program pemerintah. Prioritas BPK saat ini melakukan pemeriksaan kinerja yang berkaitan dengan program pengurangan tingkat kemiskinan serta peningkatan indeks pembangunan manusia, seperti Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat, atau Kartu Keluarga Sejahtera. Di samping itu, kata Harry, BPK akan mengajak lembaga audit untuk mengelola kemaritiman nasional.

"Dalam upaya mengamankan program presiden maka BPK akan membuat prioritas pemeriksaan keuangan pada program-program yang memberikan dampak kepada kesejahteraan rakyat sehingga program presiden bisa dilaksanakan efektif dan eifisien," kata Harry.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.