Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Megawati Akan Nyatakan PDI-P sebagai Partai Pemerintah dalam Rakernas di Semarang

Kompas.com - 05/09/2014, 19:37 WIB
Indra Akuntono

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) akan menggelar rapat kerja nasional mulai 19-21 September 2014. Rakernas digelar di Semarang, Jawa Tengah. Ketua DPP PDI-P Andreas Hugo Pareira menjelaskan, ada beberapa agenda utama yang akan dibahas dalam rakernas tersebut.

Agenda yang akan dibahas terkait dengan posisi PDI-P setelah menjadi pemenang pada Pemilihan Umum 2014. "Di acara itu, Bu Megawati akan menyampaikan secara resmi bahwa PDI-P adalah partai pemerintah karena sebelumnya kita berada di luar pemerintahan," kata Andreas, di Kantor DPP PDI-P, Jakarta Selatan, Jumat (5/9/2014) malam.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPP PDI-P Tjahjo Kumolo mengatakan, dalam rakernas tersebut juga akan dibahas persiapan Kongres PDI-P yang akan digelar pada 2015. Selain membahas persiapan kongres, rakernas PDI-P juga akan mengevaluasi hasil pemilu legislatif dan pemilu presiden tahun ini sekaligus membahas persiapan pemerintahan Joko Widodo sebagai presiden terpilih.

Dalam persiapan pemerintahan Jokowi itu, kata Tjahjo, DPP PDI-P juga akan memberi arahan pada semua kader PDI-P yang terpilih sebagai anggota legislatif periode 2014-2019. Pengarahan diberikan sebagai persiapan peralihan pola dari posisi di luar pemerintahan menjadi partai pendukung pemerintahan.

"Ada pola yang berubah karena dulu (PDI-P) di luar pemerintahan. Setelah rakernas, kita rapimnas di akhir tahun, dan kongres di 2015," ujar Tjahjo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com