Kompas.com - 08/06/2014, 11:06 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Calon presiden Joko "Jokowi" Widodo mempunyai ide menyatukan Kementerian Pendidikan dengan Kementerian Riset dan Teknologi, jika terpilih menjadi presiden.

"Mestinya memang begitu. Dijadikan satu," ujar Jokowi saat pertemuan dengan sejumlah akademisi di Yogyakarta, beberapa waktu yang lalu.

Penyatuan dua kementerian tersebut, lanjut Jokowi, bakal berimbas pada terwujudnya sinergi antara pengembangan teknologi varietas pangan dan pengembangan sumber daya manusia.

"Jika ada di satu kotak, akan cepat. Tiap hari dapat varietas baru dan tersambung dengan kurikulum pendidikan. Negara lain sudah gitu loh," ujarnya.

Setelah disinergikan jadi satu kementerian, Jokowi juga berjanji akan meningkatkan alokasi anggaran kementerian tersebut. Meski Jokowi belum menyebut berapa nilai rencana peningkatan anggaran tersebut.

"Anggaran kecil mau dapat apa? Kita ini punya duit. Jangan naruh duit di tempat yang salah. Makanya ndak jadi apa-apa," ujar Jokowi.

Yang terjadi saat ini, lanjut Jokowi, pemerintah pusat tidak fokus di dalam melaksanakan pembenahan. Oleh sebab itu, anggaran pun diratakan di seluruh sektor. "Setahun saja uapnya saja hilang. Ndak dapat apa-apa. Tahun-tahun berikutnya diulang, begitu lagi. Kita harus berani," lanjut Jokowi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.