Rumah Polonia, Tempat Tinggal Soekarno yang Jadi Tempat Deklarasi Prabowo-Hatta

Kompas.com - 19/05/2014, 11:51 WIB
Penulis Ihsanuddin
|
EditorAna Shofiana Syatiri
JAKARTA, KOMPAS.com - Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden dari Poros Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Hatta Radjasa, akan melakukan deklarasi di Rumah Polonia, siang ini. Rumah Polonia yang terletak di kawasan Jakarta Timur ini dipilih bukan tanpa alasan. Rumah ini, dulunya adalah tempat tinggal presiden pertama Indonesia Soekarno.

"Dulu Bung Karno kan tinggal di sini sekitar tahun 1960-an. Mungkin akan ada nilai historis buat kita generasi muda kalau tempat ini yang dipilih jadi tempat deklarasi. Menghargai jasa founding father kita," kata Kepala Rumah Tangga Rumah Polonia, Utun Tanujaya, Senin (19/5/2014).

Dia mengatakan, relawan Prabowo dari Gema Indonesia-lah yang memilih tempat ini menjadi lokasi deklarasi. Utun pun setuju, dan akhirnya rumah yang penuh sejarah ini menjadi disewa satu hari penuh untuk acara deklarasi.

Hal itu dibenarkan oleh Sekretaris Jendral Gema Indonesia Arif Rahman. Menurutnya, tempat ini dipilih agar deklarasi Prabowo-Hatta bisa mencerminkan perjuangan Soekarno.

"Bung Karno tinggal di sini jadi kita harus kumandangkan deklarasi, harus dimulai dari rumahnya ini," jelasnya.

Rumah Polonia berukuran cukup luas dengan warna putih yang dominan. Bentuk bangunan gedung ini cukup kuno dengan gaya khas zaman Belanda.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X