Komisi I DPR Kunker ke Meksiko

Kompas.com - 26/09/2013, 11:04 WIB
Anggota DPR RI dan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Max Sopacua. KOMPAS.com/Sabrina AsrilAnggota DPR RI dan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Max Sopacua.
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat melakukan kunjungan kerja ke Meksiko. Anggota Komisi I dari Fraksi Partai Demokrat, Max Sopacua, menuturkan, kunjungan kali ini dilakukan dalam rangka penerapan fungsi pengawasan terhadap Kedutaan Besar RI dan juga memenuhi undangan Pemerintah Meksiko.

"Kunker Komisi I ke Mexico City di samping pengawasan yang dilakukan ke KBRI juga memenuhi undangan Senado dela Repoblika Mexico (senat Republik Meksiko) dalam rangka peringatan 60 tahun hubungan kedua negara," ujar Max dalam pernyataan tertulis, Kamis (26/9/2013).

Saat ini, menurut Max, rombongan anggota Komisi I DPR sudah berada di Meksiko. Di sana, lanjutnya, Komisi I telah menghadiri seminar Indonesia-Meksiko yang dilakukan siang tadi waktu setempat. Seminar dihadiri para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Meksiko.

"Sebagai pembicara, selain Dubes Indonesia juga Wakil Ketua Komisi I Agus Gumiwang, yang menyampaikan makalah tentang berbagai aspek yang menyangkut kinerja parlemen Indonesia," ucap Max.

Max juga memaparkan, dalam seminar itu Ketua Senat Meksiko menyampaikan sejarah perjalanan hubungan Indonesia yang dimulai oleh Presiden Soekarno sampai hubungan kedua negara yang masuk G-20. Mantan penyiar TVRI ini melanjutkan, Komisi I sempat mengusulkan agar kerja sama yang dirintis tidak saja di sektor pertahanan, perdagangan, dan pariwisata, tetapi kerja sama di bidang olahraga.

"Hal ini mengingat Meksiko adalah penghasil atlet-atlet terbaik dunia untuk beberapa cabang olahraga, seperti sepak bola, tenis, tinju, maupun golf. Ketua senat Meksiko menyambut baik usulan ini dan akan ditindaklanjuti lewat kerja sama dengan KBRI setempat," ucap Max.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X